Phnom Penh (ANTARA) - Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Luar Negeri Kamboja Prak Sokhonn dan Duta Besar China untuk Kamboja Wang Wentian menandatangani Dana Khusus Kerja Sama Lancang-Mekong (Lancang-Mekong Cooperation/LMC) 2023 pada Kamis (15/6) di Phnom Penh, ibu kota Kamboja.

Wang mengatakan dalam acara tersebut bahwa Kamboja sejauh ini telah memanen total 89 proyek Dana Khusus LMC.

Wang juga memuji hubungan China-Kamboja, mencatat bahwa karena tahun 2023 menandai peringatan 65 tahun hubungan diplomatik China-Kamboja dan tahun persahabatan China-Kamboja, China siap bekerja sama dengan Kamboja untuk mempromosikan pengembangan Sabuk dan Jalur Sutra berkualitas tinggi, serta kerja sama "Diamond Hexagon".

Wang mengatakan bahwa dengan mengikuti panduan strategis para pemimpin kedua negara, komunitas China-Kamboja dengan masa depan bersama di era baru akan mencapai tingkatan baru.

Sokhonn mengatakan dana khusus LMC telah memberikan manfaat nyata bagi semua negara LMC, menambahkan bahwa Kamboja dan China harus terus bekerja sama untuk mengutamakan rakyat mereka dengan memosisikan mekanisme LMC sebagai pendorong utama pertumbuhan subregional sembari mempromosikan sinergi dengan mekanisme subregional Mekong lainnya.

Sokhonn menuturkan Kamboja berkomitmen untuk mempromosikan LMC demi mewujudkan visi para pemimpin dalam membangun komunitas dengan masa depan perdamaian, kemakmuran, dan pembangunan berkelanjutan bersama bagi seluruh negara LMC.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Hanni Sofia
Copyright © ANTARA 2023