Suka Makmue (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, mencatat luas kebakaran lahan yang terjadi di sejumlah kawasan di daerah itu mencapai 13 hektare.

“Meluasnya titik kebakaran lahan ini karena terbatasnya sumber air di lokasi kebakaran, sehingga upaya pemadaman menjadi terkendala,” kata Kepala Pelaksana BPBD Nagan Raya, Aceh, Irfanda Rinadi kepada ANTARA, Jumat malam.

Ada pun lokasi kebakaran lahan yang saat ini terjadi di Kabupaten Nagan Raya, Aceh, kata dia, yaitu di kawasan Desa Sumber Bakti (Pulo Kruet), Kecamatan Darul Makmur, dengan luas lahan gambut yang terbakar mencapai tiga hektare.

Di lokasi ini, kata dia, titik api telah dapat dipadamkan sekitar 90 persen, namun kondisi di lokasi masih sangat rawan terjadinya kebakaran karena terbatasnya sumber air untuk dilakukan pemadaman.

Baca juga: BPBD: 3 hektare lahan gambut di Nagan Raya Aceh terbakar

Baca juga: BPBD: 3 hektare lahan gambut terbakar di Nagan Raya Aceh sudah padam


Kemudian di Desa Kayee Uno, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya, dengan luas lahan yang terbakar sudah mencapai sekitar enam hektare.

Sedangkan di Desa Lawa Batu, Kecamatan Kuala, Kabupaten Nagan Raya, luas lahan yang terbakar sekitar tiga hektare dan kobaran api sudah dapat dipadamkan.

Untuk lokasi kebakaran di Desa Alue Ie Mameh, Kecamatan Suka Makmue, Kabupaten Nagan Raya, kata Irfanda, luas lahan yang terbakar sekitar satu hektare dan hingga Jumat malam api sudah dapat dipadamkan.

Irfanda Rinadi mengatakan untuk memadamkan api, BPBD Nagan Raya beserta tim gabungan mengarahkan enam unit mesin pompa air untuk memadamkan api di sejumlah lokasi di daerah ini.

Ada pun tim pemadaman yang terlibat terdiri dari BPBD Nagan Raya, Kodim 0116 Nagan Raya, Polres Nagan Raya serta PT SPS, demikian Irfanda Rinadi.*

Baca juga: Luas karhutla di Nagan Raya mencapai 23 hektare

Baca juga: Tujuh hektare lahan gambut di Nagan Raya Aceh terbakar

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023