Ada penerbangan 2 kali seminggu dengan pesawat berbaling-baling ATR-72
Barong Tongkok (ANTARA) - Masyarakat Kutai Barat mendapatkan kembali layanan penerbangan rute Balikpapan-Melak atau BPN-MLK mulai Senin, 19 Juni 2023.

”Ada penerbangan 2 kali seminggu dengan pesawat berbaling-baling ATR-72,” kata Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Melalan, Kutai Barat, Indra Rohman, kepada Antara di Sendawar, Jumat.

Pesawat berangkat dari Bandara Sepinggan di Balikpapan untuk terbang lebih kurang 60 menit, dan mendarat di Bandara Melalan, Melak. Selang beberapa menit kemudian, pesawat bersiap terbang untuk kembali ke Sepinggan dengan mengangkut penumpang dari Kutai Barat.

Dari Balikpapan pesawat bisa mengangkut 72 penumpang atau sesuai kapasitas maksimalnya. Dari Melalan, karena landasan pacu yang masih 1.300 meter, pesawat bisa membawa cukup 65 penumpang.

Maskapai Wings Air yang mengoperasikan ATR-72 tersebut memasang tiket seharga Rp1,2 juta per penumpang untuk tujuan Balikpapan-Melak, dan Rp1,1 juta untuk tujuan Melak-Balikpapan.

Indra Rohman juga menjelaskan, pembukaan kembali rute Balikpapan-Melak ini merupakan hasil usaha dan kerjasama para pihak pemegang wewenang.

Pada masa awal ini, PemerintaH Kutai Barat bersama perusahaan melakukan sistem blocking seat untuk setiap jadwal. Untuk masyarakat umum bisa membeli tiket secara daring.

“Kemudian penerbangan Wings Air dari Melalan bisa connecting flight dengan transit pertama di Sepinggan, Balikpapan,” kata Indra.

Dicontohkan, jika akan bepergian dari Kubar ke Jakarta, penumpang transit di Sepinggan Balikpapan. Penumpang turun dengan membawa bagasi kabin bila ada dan berpindah ke pesawat tujuan berikutnya. Pada saat yang sama, bagasi dipindahkan ke pesawat tujuan Jakarta oleh petugas.

Indra Rohman juga mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Kubar dan Kadin Kutai Barat yang telah mengusahakan penerbangan ini, juga kepada perusahaan-perusahaan di Kutai Barat.

”Ini bukti keseriusan pemerintah daerah agar masyarakat Kutai Barat bisa terlayani dengan baik," demikian Indra Rohman.

Baca juga: Pelita Air buka penerbangan rute Balikpapan-Jakarta pulang pergi
 

Pewarta: Novi Abdi
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023