AsiaNet 52148

TOKYO, 20 Februari 2013 (ANTARA/Kyodo JBN-AsiaNet) --

     Pada rapat Kabinet tanggal 19 Februari, Pemerintah Jepang mengutus Ketua Nippon Foundation, Yohei Sasakawa, sebagai perwakilan khusus Jepang untuk membantu terwujudnya rekonsiliasi etnis di Myanmar. Jabatan yang baru saja dibentuk ini tak memiliki masa jabatan tetap.  

     Kepala Sekretaris Kabinet, Yoshihide Suga, menyatakan pada konferensi pers bahwa dengan penunjukan Sasakawa, Jepang "akan berusaha memfasilitasi proses rekonsiliasi antara pemerintah Myanmar dan kaum etnis minoritas," yang menurutnya diharapkan mampu menciptakan kemajuan positif.

     Jabatan resmi Sasakawa adalah "Utusan khusus Pemerintah Jepang untuk Rekonsiliasi Nasional di Myanmar." Dengan statusnya sebagai seorang pelayan negara yang memiliki tugas khusus, Sasakawa akan mewakili Pemerintah Jepang dalam berhubungan dengan Pemerintah Myanmar, kaum etnis minoritas, dan pemerintah negara-negara lainnya dalam upaya mewujudkan rekonsiliasi nasional.

     Nippon Foundation, organisasi kemanusiaan yang berbasis di Tokyo, telah sering membantu Myanmar, seperti saat memerangi penyakit Hansen (Kusta) dan membangun banyak sekolah saat negara tersebut dikuasai junta militer. Pada Juni 2012, Sasakawa ditugasi oleh Pemerintah Jepang untuk menjadi "Duta Niat Baik untuk Kesejahteraan Ras Nasional di Myanmar."  

     Sejak pengambilalihan kekuasaan negara tersebut, beliau telah menjadi pelopor dalam memberi bantuan, seperti pasokan beras dan obat-obatan ke wilayah-wilayah kaum minoritas. Sebagai Utusan Khusus, Sasakawa berkata "Tidak akan ada persatuan dan demokratisasi di Myanmar tanpa adanya rekonsiliasi berbagai kelompok etnis yang berbeda-beda," ia menambahkan bahwa ia akan menjalankan tugas-tugasnya dan sadar sepenuhnya akan tanggung jawab yang disandangnya.

     Penunjukan Sasakawa oleh Pemerintah Jepang serupa dengan yang dilakukan pada tahun 2002 kepada Yasushi Akashi, mantan Wakil Sekjen PBB, yang mewakili Jepang dalam membantu mewujudkan perdamaian dan rekonstruksi di Sri Lanka.

     SUMBER: The Nippon Foundation

     Kontak:
     Natsuko Tominaga / Makoto Wada
     Departemen Hubungan Masyarakat
     The Nippon Foundation
     Tel.: +81-3-6229-5131
     E-mail: pr@ps.nippon-foundation.or.jp

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2013