Balikpapan (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan lima kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur mengalami hujan lebat hingga hujan petir disertai angin kencang pada Minggu-Senin (18-19/6), sehingga semua pihak diimbau waspada terhadap dampaknya.

"Dampak hujan lebat hingga hujan petir dan angin kencang antara lain banjir, sungai meluap, pohon tumbang, jalan licin, tanah longsor, dan lainnya," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Heni Herlina di Balikpapan, Sabtu.

Meskipun hanya lima kabupaten yang diprakirakan mengalami peristiwa ini, kata dia, masyarakat dan pihak terkait di lima kabupaten/kota lainnya diharapkan tetap waspada karena berpotensi hujan ringan hingga hujan sedang yang dapat disertai angin kencang.

Baca juga: BMKG prakirakan 14 provinsi berpotensi dilanda hujan disertai petir

Lima kabupaten yang diprakirakan mengalami peristiwa tersebut, yakni Kabupaten Berau Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, dan Mahakam Ulu.

Ia menyebutkan hujan petir di Kabupaten Berau terjadi pada Minggu (18/6) sekitar pukul 11.00 Wita di tujuh kecamatan, yakni Kecamatan Tanjung Redeb, Tabalar, Biatan, Gunung Tabur, Sambaliung, Talisayan, dan Teluk Bayur.

Hujan petir juga diprakirakan terjadi pada Minggu (18/6) sekitar pukul 17.00 di dua kecamatan, yakni Kecamatan Kelay dan Segah, kemudian Senin (19/6) sekitar pukul 08.00 Wita hujan petir di Kecamatan Tabalar, Biatan, dan Talisayan, sedangkan kecamatan lainnya hujan ringan.

Baca juga: BMKG: Sebagian besar wilayah di Indonesia berpotensi alami hujan lebat

Di Kabupaten Kutai Barat, lanjut dia, hujan petir diprakirakan terjadi pada Minggu (18/6) sekitar pukul 20.00 Wita di dua kecamatan, yakni Kecamatan Long Iram dan Linggang Bigung, sedangkan sebagian besar kecamatan lainnya hujan ringan.

Untuk Kabupaten Kutai Kartanegara, pada Minggu (18/6) sekitar pukul 11.00 Wita, hujan petir diprakirakan terjadi hanya di Kecamatan Tenggarong Seberang, sedangkan sebagian besar kecamatan lainnya hujan ringan hingga Senin (19/6) pagi.

Di Kabupaten Kutai Timur pada Minggu (18/6) sekitar pukul 14.00 dan 17.00 Wita, hujan petir berpotensi terjadi di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Karangan, Muara Wahau, dan Busang, sedangkan sebagian besar kecamatan lainnya hujan ringan hingga Senin (19/6) pagi.

Baca juga: BMKG: Waspada potensi hujan lebat disertai petir di sejumlah wilayah

"Untuk Kabupaten Kabupaten Mahakam Ulu pada Minggu (18/6) sekitar pukul 17.00 dan 20.00 Wita, hujan petir diprakirakan terjadi di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Long Bagun, Laham, dan Long Hubung," kata Heni.

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023