Beijing (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping bertemu dengan Bill Gates, salah satu pimpinan Bill & Melinda Gates Foundation, di Beijing pada Jumat (16/6).

Xi memuji Gates dan Gates Foundation atas upaya jangka panjangnya dalam memajukan pengentasan kemiskinan, kesehatan, pembangunan, dan filantropi di seluruh dunia.

"Saat ini, perubahan-perubahan penting yang belum pernah terjadi dalam satu abad terakhir ini mengalami percepatan di seluruh dunia. Saya mengajukan Prakarsa Pembangunan Global, Prakarsa Keamanan Global, dan Prakarsa Peradaban Global untuk memberikan solusi kepada China menghadapi berbagai tantangan global," kata Xi.

Xi mengungkapkan China terlebih dahulu memusatkan perhatian kepada penyelesaian masalahnya sendiri. Dia mengatakan bahwa sebagai negara besar dengan jumlah penduduk lebih dari 1,4 miliar orang, stabilitas jangka panjang dan pembangunan berkelanjutan China memberikan sumbangsih besar bagi perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran dunia.

China akan mengonsolidasikan pencapaian-pencapaiannya dalam hal pengentasan kemiskinan, mewujudkan revitalisasi pedesaan, dan terus meningkatkan kesehatan pedesaan, kata Xi.

Dengan menekankan bahwa China bertekad memajukan peremajaan besar bangsa China dalam semua sektor melalui jalur modernisasi China, Xi menyatakan China tidak akan pernah jatuh ke dalam pola memburu hegemoni, dan justru akan bekerja sama dengan negara-negara lain dalam mencapai pembangunan bersama dan membangun komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia.

Xi mengatakan China siap memperluas kerja sama dengan semua negara dalam hal inovasi ilmiah dan teknologi, serta aktif berpartisipasi dan mendukung upaya menghadapi berbagai tantangan global seperti perubahan iklim, perjuangan memerangi pandemi, dan kesehatan masyarakat.

China akan terus memperkuat kerja sama dengan Gates Foundation dalam bidang-bidang yang relevan, serta akan memberikan dukungan dan bantuan kepada negara-negara berkembang sesuai dengan kapasitasnya, kata Xi.

"Anda adalah sahabat asal Amerika pertama yang saya temui di Beijing tahun ini," kata Xi kepada Gates, seraya menandaskan bahwa masyarakat  mesti lebih banyak bepergian dan berkomunikasi guna meningkatkan kesalingpahaman setelah dunia bangkit dari pandemi COVID-19.

"Fondasi hubungan China-AS terletak pada rakyat. Kami selalu menaruh harapan kepada rakyat Amerika dan mengharapkan yang terbaik bagi persahabatan antara kedua negara," ujar Xi.

Gates ini membahas kemajuan kerja sama dengan China dan visinya untuk masa depan. Dia menyebut China telah membuat pencapaian luar biasa dalam pengentasan kemiskinan dan respons COVID-19 sehingga menjadi teladan bagi dunia.

Dia mengatakan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, kerja sama Gates Foundation dengan China mencapai kemajuan yang luar biasa, dan bahwa percepatan inovasi serta pembangunan di China adalah hal baik bagi China, negara-negara berkembang, dan dunia.

Gates Foundation memiliki komitmen memperkuat kerja sama dengan China dalam bidang inovasi, pengentasan kemiskinan global, kesehatan masyarakat, penelitian dan pengembangan obat-obatan, daerah pedesaan dan pertanian, serta menyebarluaskan praktik dan teknologi yang efektif ke negara-negara berkembang, kata Gates. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023