"Proses seleksi akan berlangsung selama empat hari, mulai hari ini hingga Rabu (21/6),"
Surabaya (ANTARA) -
Sebanyak 655 calon taruna (catar) Politeknik Pemasyarakatan dan Imigrasi mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) berbasis computer assisted test (CAT) pada hari pertama dari total 2.148 peserta.
 
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Manusia (Kemenkumham) Jatim Imam Jauhari di Surabaya, Sabtu mengatakan seleksi SKD tersebut bertempat di Badan Kepegawaian Negara (BKN) Kantor Regional II Surabaya,
 
"Proses seleksi akan berlangsung selama empat hari, mulai hari ini hingga Rabu (21/6)," ujarnya.
 
Ia mengatakan, peserta yang terdaftar akan mengikuti ujian SKD CAT dengan total empat sesi per hari. Tujuan dari seleksi ini adalah untuk menilai kemampuan dan potensi calon taruna dalam memenuhi persyaratan yang diperlukan untuk bergabung dengan Poltekip dan Poltekim
 
Imam mengapresiasi kesigapan panitia baik dari kantor wilayah maupun panitia BKN, seluruh sarana pra sarana pendukung beroperasi dengan baik dan optimal, pelaksanaan SKD CAT ini bukan hal baru mengingat penerimaan catar tiap tahun dilaksanakan.
 
"Jatim termasuk dalam pendaftar paling banyak untuk tahun 2023 yang mengisyaratkan bahwa taruna Politeknik Kemenkumham masih menjadi magnet kuat bagi peminat sekolah kedinasan," ujarnya.
 
Dia berpesan kepada para peserta agar bersungguh-sungguh dalam mengikuti ujian, percaya diri dengan hasil sendiri, jika ada yang menawarkan atau menjanjikan sesuatu untuk meluluskan seleksi dipastikan adalah oknum yang tidak bertanggung jawab.
 
"Jaga kesehatan, perbanyak ibadah karena masih banyak proses yang haris dilalui hingga dinyatakan lulus menjadi catar Politeknik. Jangan lupa doa dan restu dari orang tua, karena usaha dan doa tidak akan mengkhianati hasil," ujarnya.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023