Mamuju (ANTARA) - Sebanyak 388 calon haji asal Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) berangkat ke tanah suci melalui Embarkasi Hasanuddin Makassar Provinsi Sulawesi Selatan.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulbar Syafruddin Baderung di Mamuju, Sabtu, mengatakan jamaah haji Sulbar berangkat ke tanah suci Mekkah dengan Kelompok Terbang (Kloter) 36.

Jamaah haji Sulbar tersebut terdiri dari jamaah haji Kabupaten Mamuju sebanyak 259 orang, Mamasa 63 orang, dan Kabupaten Polman sebanyak 63 orang.

Selain itu mereka juga didampingi tiga orang petugas haji daerah (PHD).

Baca juga: Kuota haji Sulbar 1.454 orang

Baca juga: Kuota jemaah haji Sulbar 2023 sebanyak 1453 orang


Mereka telah menyelesaikan proses administrasi dan pemeriksaan dokumen untuk memastikan kelengkapan dan kelayakan berangkat ke tanah suci.

"Jamaah haji Sulbar sangat antusias dan itu sangat baik, dan seluruhnya telah berkumpul di Embarkasi Makassar sebelum melakukan perjalanan menuju tanah suci," katanya.

Ia mengapresiasi petugas penyelenggara ibadah haji (PPIH) Provinsi Sulbar karena memberikan pelayanan kepada jamaah sebelum berangkat ke tanah suci.

"Setiap jamaah haji harus merasa aman dan terlindungi selama perjalanan mereka, pelayanan harus ditingkatkan untuk mencegah insiden yang tidak diinginkan dan memastikan keselamatan mereka sepanjang waktu," katanya.

Ia meminta petugas haji dapat memberikan rasa kepedulian tinggi kepada para jamaah haji, karena sesama umat manusia, harus mengasihi dan tolong menolong.

"Semoga pelayanan kepada jamaah haji dilaksanakan dengan baik, sehingga setiap jamaah dapat melaksanakan ibadah haji dengan nyaman, aman, dan khusyuk dan menjadi haji mabrur," katanya.*

Baca juga: Asrama Haji Makassar siap tampung 500 pengungsi gempa Sulbar

Baca juga: Jamaah Haji Kloter Terakhir Asal Sulbar Tiba Di Makassar

Pewarta: M.Faisal Hanapi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023