Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Portugal mengalahkan Bosnia dan Herzegovina 3-0 pada laga Grup J kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2024 di Estadio da Luz, Lisbon, pada Minggu dini hari WIB.

Bruno Fernandes menjadi bintang lewat dua golnya, sedangkan satu gol lainnya dicetak oleh Bernardo Silva.

Hasil ini membuat Portugal kukuh di puncak Grup J dengan raihan sembilan poin, sedangkan Bosnia tertahan di urutan keempat dengan 3 poin, demikian catatan laman resmi FIFA.

Portugal menurunkan skuad utamanya menghadapi Bosnia, termasuk megabintang Cristiano Ronaldo sebagai kapten tim.

Portugal sempat mencetak gol pada menit ke-24 lewat tandukan Ronaldo setelah menyambut umpan silang Joao Cancelo, tetapi gol tidak dihitung karena hakim garis mengangkat bendera tanda offside.

Baca juga: Portugal umumkan 26 pemain untuk kualifikasi Euro 2024 Juni

Bosnia balik mengancam enam menit kemudian lewat sepakan Edin Dzeko. Sayangnya masih melambung dari gawang Portugal yang dikawal Diogo Costa.

Peluang emas didapat Portugal pada menit ke-36. Ronaldo mengirim bola dengan tumitnya ke Joao Felix di depan gawang, tetapi bola masih bisa disapu keluar kiper Bosnia, Ibrahim Sehic.

Portugal memecah kebuntuan pada menit ke-44. Bernardo Silva mencatatkan namanya di papan skor.

Silva mendapat bola terobosan dari Bruno Fernandes, sebelum mencungkil bola melewati jangkauan Sehic. Portugal unggul 1-0 hingga turun minum.

Portugal bisa menggandakan keunggulan pada menit ke-77. Kali ini giliran Fernandes yang menjebol gawang Bosnia lewat sundulannya usai menerima umpan silang Neves ke kotak penalti. Skor menjadi 2-0.

Fernandes mencetak gol keduanya ke gawang Bosnia sebelum pertandingan berakhir. Gelandang Manchester United itu melepaskan bola tembakan di kotak penalti yang memastikan Portugal menang 3-0.

Susunan pemain
Portugal (3-4-2-1): Diogo Costa; Antonio Silva, Ruben Dias, Danilo Pereira; Joao Cancelo, Bruno Fernandes, Joao Palhinha (Diogo Jota 87'), Raphael Guerreiro (Nelson Semedo 78'); Bernardo Silva (Otavio 87'), Cristiano Ronaldo, Joao Felix (Ruben Navas 62').

Bosnia dan Herzegovina (5-3-2): Ibrahim Sehic; Sead Kolasinac (Jusuf Gazibegovic 78'), Adrian Barisic (Said Hamulic 71'), Sinisa Sanicanin, Anel Ahmedhodzic, Amar Dedio; Gojko Cimirot, Amir Hadziahmetovic (Benjamin Tahirovic 71'), Miralem Pjanic (Sanjin Prcic 78'); Edin Dzeko (Dal Varesanovic 78'), Miroslav Stevanovic.

Baca juga: Cristiano Ronaldo cetak brace, Portugal bantai Luksemburg 6-0
Baca juga: Gol tunggal Benjamin Pavard bawa Prancis kalahkan Republik Irlandia

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023