Beijing (ANTARA) - Otoritas di China pada Jumat (16/6) meluncurkan kampanye promosi mobil listrik alias kendaraan energi baru (new energy vehicle/NEV) tahun ini untuk daerah pedesaan di tiga lokasi, yakni Wuxi di China timur, Qionghai di China selatan, dan Jingmen di China tengah.

Kegiatan ini akan berlangsung dari Juni hingga Desember, kata Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China yang merupakan salah satu dari lima departemen pemerintah pemrakarsa kegiatan tersebut.

Sebanyak 69 model NEV akan ditampilkan dan pihak kementerian telah meminta para produsen serta distributor NEV untuk memfinalisasi kebijakan penjualan seraya meningkatkan sistem layanan pelanggan.

Para operator fasilitas pengisian daya juga harus menawarkan diskon untuk layanan pengisian daya, sementara platform e-commerce harus menjual mobil secara daring, imbuh pihak kementerian.

China telah merilis pedoman guna membantu warga yang tinggal di daerah pedesaan untuk membeli dan menggunakan NEV, dengan fokus pada peningkatan pembangunan infrastruktur pengisian daya.

Penjualan NEV China meningkat 60,2 persen secara tahunan (year on year/yoy) menjadi 717.000 unit pada Mei lalu, dan total output NEV negara itu mencapai 713.000 unit bulan lalu, naik 53 persen (yoy).

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023