Meskipun para calhaj tersebut sudah diberikan vaksin COVID-19, namun prokes mesti tetap diterapkan
Kapuas Hulu, Kalbar (ANTARA) - Bupati Kapuas Hulu, Kalimantan Barat Fransiskus Diaan mengingatkan agar para calon haji (calhaj) untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) dalam menjaga kesehatan saat menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi.

"Jaga kesehatan dan menata niat yang tulus agar mendapatkan ridho dari Tuhan, sehingga mampu melaksanakan seluruh kewajiban, rukun serta sunnah ibadah haji," katanya dalam keterangan di Putussibau, Ahad (18/6) 2023)

Bupati pada Sabtu (17/6) melepas keberangkatan calhaj Kapuas Hulu, di Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu..

Ia mengatakan bagi calhaj penting untuk disiplin dalam menerapkan prokes,. Selain itu, harus saling membantu dan tolong menolong serta melindungi mengingat sejumlah calhaj ada yang lanjut usia.

Menurutnya, meskipun para calhaj tersebut sudah diberikan vaksin COVID-19, namun prokes mesti tetap diterapkan.

Dikatakannya bahwa  patut disyukuri jumlah calon jamaah haji asal Kapuas Hulu Tahun 2023 sebanyak 132 orang, jumlah tersebut cukup banyak jika dibandingkan pada Tahun 2018 yang hanya 128 orang.

Sedangkan Tahun 2022 lalu, harusnya bisa diberangkatkan 57 orang, tetapi dua orang batal berangkat karena COVID-19.

"Makanya, kita patut bersyukur saat ini kembali normal, tidak seperti Tahun 2019 lalu dimana masa COVID-19, sedang melanda dunia," katanya.

Selain terkait kesehatan, bupati juga berpesan kepada para calhaj untuk mendoakan Kabupaten Kapuas Hulu di Tanah Suci.

Dia meminta para  jamaah calhaj asal Kapuas Hulu, memanjakan doa, agar Kabupaten Kapuas Hulu senantiasa dapat perlindungan dari Tuhan Yang Maha Esa.

"Doakan Kapuas Hulu tercinta agar terhindar dari bencana dan dimudahkan dalam menyelesaikan persoalan terutama dalam mengentaskan kemiskinan dan kelancaran pembangunan," katanya.

Diharapkan para jamaah calhaj yang diberangkatkan tetap menjaga nama baik Kapuas Hulu dan semoga setelah pulang dari Tanah Suci menjadi haji yang mabrur, menjadi teladan di tengah masyarakat Kapuas Hulu, demikian Fransiskus Diaan.

Baca juga: Kapuas Hulu siapkan keberangkatan 59 calon haji

Baca juga: Bupati Kapuas Hulu minta calon haji doakan Indonesia di Tanah Suci

Baca juga: 142 calon haji Kapuas Hulu menuju Tanah Suci

Baca juga: Dijemput di Batam, jamaah haji Kapuas Hulu tiba sehat dan selamat


 
Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan melepas keberangkatan jamaah calon di Masjid Agung Darunnajah Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Sabtu (17/6/2023). FOTO ANTARA/HO-Prokopim Setda Kapuas Hulu/Teofilusianto Timotius)

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023