Mundurnya dia cukup kami sesalkan tapi kenyataan bahwa dia masih tetap di kepengurusan itu membanggakan kami dan alasan kepergiannya kami ucapkan terima kasih - dan dia yakin itu saatnya untuk klub bergerak,"
London (ANTARA News) - Ketua eksekutif Manchester United (MU) David Gill akan mundur pada 30 Juni, setelah dia bertugas selama satu dekade di klub liga utama Inggris itu, demikian dikatakan klub pimpinan klasemen liga utama Inggris tersebut pada Rabu.

Sementara itu wakil ketua eksekutif Ed Woodward diperkirakan akan mengemban tanggung jawab sebagai ketua.

Woodward bergabung dengan MU pada 2005 dan berperan dalam bursa saham New York Agustus lalu.

Sebagai bagian dari penataan organisasi, direktur komersial Richard Arnold dipromosikan menjadi direktur umum.

Gill (55) bergabung dengan MU pada Pebruari 1997 sebagai direktur keuangan dan menjadi ketua eksekutif sejak 2003, dia berperan ketika Glazers membeli MU pada 2005 dengan nilai 790 juta pound (1,22 juta dolar AS).

Gill akan tetap menjadi direktur klub, dia lincah dalam bermain politik, sehingga diangkat menjadi wakil ketua Asosiasi Sepakbola Inggris tahun lalu dan sedang mengincar satu posisi di komite eksekutif UEFA, badan sepakbola Eropa dalam pemilihan umum pada Mei mendatang.

Sementara itu manajer atau pelatih MU Alex Ferguson mengatakan dirinya kecewa jika Gill meninggalkan klub.

"Mundurnya dia cukup kami sesalkan tapi kenyataan bahwa dia masih tetap di kepengurusan itu membanggakan kami dan alasan kepergiannya kami ucapkan terima kasih - dan dia yakin itu saatnya untuk klub bergerak," kata Ferguson.

"Jika saya mampu mencegahnya untuk pergi maka saya akan senang, tapi dia telah membuat keputusan dan saya hormati itu," tambahnya.

(A020/A011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013