Liga Utama Inggris merupakan penyokong sejak lama terhadap teknologi garis gawang,"
London (ANTARA News) - Liga Utama Inggris pada Rabu memastikan niat mereka untuk memperkenalkan teknologi garis gawang pada awal musim 2013/2014.

Badan sepak bola dunia FIFA mengumumkan pada Selasa, bahwa teknologi yang akan membantu dalam menentukan apakah bola telah melewati gawang atau belum akan digunakan untuk pertama kalinya pada Piala Konfederasi di Brazil pada Juni.

Liga Utama Inggris telah melakukan berbagai pembicaraan sejak tahun lalu dengan dua perusahaan, Hawk-Eye dan GoalRef, perihal penggunaan salah satu dari kedua sistem tersebut.

Kedua sistem tersebut sukses saat diujicoba pada Piala Dunia Klub di Jepang pada Desember, dan Liga Utama Inggris mengatakan pihaknya berharap dapat menggunakan teknologi itu pada awal musim depan.

"Liga Utama Inggris merupakan penyokong sejak lama terhadap teknologi garis gawang," demikian bunyi pernyataan Liga Utama Inggris dikutip AFP.

"Kami telah mengadakan diskusi-diskusi dengan penyedia (layanan teknologi garis gawang) berlisensi FIFA dengan pandangan untuk memperkenalkan sesegera mungkin."

Implementasi Liga Utama Inggris terhadap teknologi garis gawang dapat tertunda akibat proses tender yang melibatkan kedua perusahaan yang bersaing tersebut.

Hawk-Eye, perusahaan Inggris, dan GoalRef, yang berasal dari Jerman, yang telah diuji satu sama lain pada Piala Dunia Klub, dan Liga Utama Inggris dilaporkan sedang berniat melakukan kesepakatan dengan salah satu dari mereka.

Kedua perusahaan tersebut mendapat lisensi FIFA pada tahun lalu, namun terdapat laporan bahwa dua perusahaan lain juga bisa mendapat lisensi FIFA pada April.

(H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013