Jakarta (ANTARA) - Bumi Borneo Basketball Pontianak memperkuat posisinya di zona playoff usai mengalahkan West Bandits Solo dengan skor 85-61 dalam laga lanjutan IBL 2023 seri kedelapan yang digelar di Britama Arena Jakarta, Minggu.

Bumi Borneo berada di peringkat delapan klasemen sementara IBL 2023, atau berada di posisi yang menjadi syarat minimal untuk melaju ke babak playoff. Tim asal Kalimantan itu mengemas 41 poin dengan 14 menang dan 13 kalah dari 27 gim yang sudah dimainkan.

Lewat kemenangan ini, asa Bumi Borneo ke playoff tetap terjaga lantaran masih punya tiga laga lagi yang harus dimainkan. Sementara para pesaingnya yang memperebutkan posisi playoff memiliki poin lebih rendah meski masih menyimpan tiga laga.

Bumi Borneo langsung tancap gas sejak kuarter pertama dengan sempat memimpin 18 poin. Keunggulan tersebut juga dipertahankan sampai kuarter kedua meski mulai ada perlawanan dari West Bandits yang berakhir dengan skor 30-46 hingga turun minum.

Baca juga: Pelita Jaya balik kalahkan Bima Perkasa setelah tertinggal 10 poin

Kuarter ketiga kembali menjadi milik Bumi Borneo dengan masuknya Leo Agus yang menjadi pembeda. Leo memasukkan tiga kali tembakan tiga angka berturut-turut.

Bumi Borneo unggul 69-47 atas West Bandits di akhir kuarter ketiga. Sementara memasuki kuarter keempat, Bumi Borneo hanya tinggal menjaga keunggulan saja.

"Kami kecolongan beberapa gim di seri sebelumnya. Kami akan tampil mati-matian di seri terakhir ini. Kami optimistis untuk bisa lolos playoffs musim ini," kata Agam Subastian yang menjadi top skorer Bumi Borneo dengan 14 poin.

Cameron Ridley menyelesaikan gim dengan double-double 10 poin dan 11 rebound, disusul Wisnu Budidharma 12 poin, Randy Bell 11 poin, dan Muhammad Daffa 10 poin.

Untuk pertandingan kali ini, semua pemain dalam roster Bumi Borneo berkontribusi poin. Akurasi tembakan three point juga cukup tinggi dengan 40 persen atau memasukkan 11 dari 27 upaya.

Dari West Bandits, Gabriel Batistuta Risky mencetak 23 poin. Dia memasukkan enam three point dari 10 percobaan, meski itu tidak cukup untuk membawa timnya menang. Christian Gunawan menambahkan 12 poin.

Dengan kekalahan ini, West Bandits menambah rentetan kekalahan hingga sembilan kali. Mereka belum pernah menang sejak seri Yogyakarta.

Baca juga: Rendahnya akurasi, Patriot menyerah di tangan Elang Pacific
Baca juga: Tiket pre-sale IBL seri pamungkas di Jakarta terjual habis

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023