Jakarta (ANTARA) - DPP PDI Perjuangan mengukuhkan kesiapan struktur organisasi untuk menyambut Pemilu 2024 dengan memperoleh sertifikasi manajemen berupa Sertifikat ISO 55001:2014 dan ISO 9001:2015.

Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa sertifikasi ISO 55001:2014 dan ISO 9001:2015 tersebut akan memperkuat semangat partai dan seluruh anggota, kader, maupun simpatisan dalam menghadapi Pemilu 2024.

Sertifikasi itu, kata Hasto, membuktikan keseriusan dan kerja keras partai, khususnya Sekretariat DPP PDI Perjuangan, dalam berupaya memastikan seluruh proses politik berjalan dengan standar mutu berkualitas.

"Saya belum mendengar ada partai politik lain, bahkan di Asia, yang mengerjakan proses politiknya dengan standar manajemen mutu yang diakui internasional. PDI Perjuangan mungkin baru satu-satunya di Asia," kata Hasto dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Keseriusan PDI Perjuangan juga dibuktikan dengan manajemen aset yang dibuktikan dengan penganugerahan Sertifikasi ISO 55001:2014. Apresiasi khusus juga diberikan PDI Perjuangan kepada Bendahara Umum DPP PDI Perjuangan Olly Dondokambey atas raihan tersebut.

Hal ini sejalan dengan perintah Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang memerintahkan bahwa aset harus nama partai, tidak boleh atas nama individu anggota partai.

"Kami akan terus mengembangkan management process ini sehingga PDI Perjuangan benar-benar menjadi partai politik modern yang hidup sepanjang Indonesia ada," tegas Hasto.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Sekretariat DPP PDI Perjuangan Yoseph Aryo Adhi mengatakan bahwa penganugerahan sertifikat tersebut akan makin memperkuat komitmen serta semangat seluruh kader dalam menghadapi perhelatan politik, baik itu pemilu anggota legislatif, pemilu presiden, maupun pemilihan kepala daerah serentak pada tahun 2024.

Bagi pihaknya, kerja-kerja tersistematis dan terorganisasi akan lebih memudahkan terlaksananya komando hingga kontrol atas setiap gerak langkah partai.

Harapannya adalah partai akan bekerja secara berkualitas, dan menghasilkan sesuatu yang berkualitas serta bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.

"Pada akhirnya, kualitas dalam kerja-kerja partai politik ini akan berujung pada kualitas hasil demokrasi, terutama kualitas kehidupan masyarakat Indonesia," kata Adhi.

Pria kelahiran Semarang itu menambahkan bahwa pihaknya berharap raihan kerja keras ini bisa menginspirasi partai politik lainnya di Indonesia sehingga kualitas demokrasi Indonesia secara keseluruhan juga meningkat.

"Semoga bisa menginspirasi yang lain. Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan sebesar-besarnya untuk seluruh awak sekretariat PDI Perjuangan yang telah bekerja keras untuk sertifikasi ini," kata Adhi.

Sertifikat tersebut diserahkan perwakilan International Certification Services Management (ICSM) Indonesia kepada DPP PDI Perjuangan yang diwakili Bendahara Olly Dondokambey.

Sertifikasi ISO 55001:2014 merupakan standar internasional yang mengatur terkait dengan pengelolaan aset sebuah lembaga.

Sementara itu, ISO 9001:2015 merupakan standar internasional untuk manajemen mutu sebuah lembaga atau organisasi. Untuk sertifikasi ini, PDI Perjuangan berstatus berhasil mempertahankan karena sertifikasi sebenarnya sudah diberikan sejak 2017.

Baca juga: Ganjar sebut posisi istimewa PPP dalam kerja sama dengan PDIP
Baca juga: Ganjar Pranowo optimistis NTB menang 51 persen

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023