"Cuma di kita karena sungainya masih kotor jadi indah menghadap ke jalan, tapi ke depan seperti banyak negara di Eropa juga ke sungai,"
Garut (ANTARA) - Wakil Bupati Garut Helmi Budiman menyatakan tertarik untuk menjadikan keindahan Sungai Cimanuk yang mengalir menyusuri perkotaan dan sejumlah daerah di Kabupaten Garut, Jawa Barat ditata menjadi lebih baik sehingga memiliki keindahan seperti konsep penataan daerah di negara Eropa.

"Jadikan sungai itu seperti halaman, karena sebenarnya sangat indah sungai itu, indah mana dengan jalan, indah sungai," kata Helmi Budiman di Garut, Minggu.

Ia menuturkan Sungai Cimanuk memiliki daya tarik tersendiri sebagai salah satu sungai terbesar yang melewati sejumlah daerah termasuk perkotaan di Kabupaten Garut.

Namun potensi keindahan sungai itu, kata dia, belum dapat dikembangkan karena masih banyak masyarakat yang membangun rumahnya menghadap ke jalan daripada ke sungai, padahal pemandangan sungai seperti di negara lain lebih indah.

"Cuma di kita karena sungainya masih kotor jadi indah menghadap ke jalan, tapi ke depan seperti banyak negara di Eropa juga ke sungai," katanya.

Ia mengungkapkan kondisi Sungai Cimanuk masih terus dibenahi, terutama kualitas airnya yang saat ini masih kotor, sehingga perlu upaya melibatkan banyak pihak untuk menjadikan Sungai Cimanuk bersih.

Upaya pemerintah daerah, kata dia, akan mengajukan kerja sama dengan yayasan dari perusahaan yang beroperasi di Garut untuk ikut memperhatikan masalah lingkungan, khususnya kondisi air Sungai Cimanuk.

Ia berharap kepeduliaan berbagai pihak terhadap kondisi sungai di Garut itu bisa sama seperti yang dilakukan terhadap Sungai Citarum di Bandung dengan programnya bernama "Citarum Harum".

"Agar perlakuan Sungai Cimanuk seperti perlakuan kepada Citarum, kita berharap kalau ada 'Citarum Harum', Cimanuk Hirup'," katanya.

Ia berharap upaya mewujudkan Sungai Cimanuk menjadi bersih itu mendapatkan dukungan dari semua elemen masyarakat, salah satunya kesadaran masyarakat dengan tidak membuang sampah ke sungai.

"Paling tidak masyarakat kita jangan membuang sampah sembarangan," katanya.
Baca juga: Pemkab Garut segera kosongkan sempadan sungai dari bangunan rumah
Baca juga: Petugas bantu siswa seberangi Sungai Cimanuk pada hari pertama sekolah
Baca juga: BMKG minta warga Garut siaga banjir luapan Sungai Cimanuk

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023