untuk membantu menyembuhkan trauma
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Dinas Sosial Kabupaten Jember, Jawa Timur akan memberikan pendampingan secara intensif untuk pemulihan trauma terhadap anak yang ibunya bunuh diri setelah membunuh kedua anak kandungnya.

Seorang ibu berinisial KK warga Kelurahan Bintoro, Kecamatan Patrang diduga mengalami gangguan jiwa, Sabtu (17/6) membunuh dua anak kandungnya yakni anak pertama LA berusia 7 tahun dan anak ketiga AV berusia 8 bulan, sedangkan anak kedua RZ berusia 6 tahun yang juga berada di dalam satu rumah tersebut selamat.

"Petugas akan memberikan pendampingan untuk membantu menyembuhkan trauma yang dialami RZ agar psikologisnya kembali stabil," kata Kepala Dinas Sosial Jember Akhmad Helmi Luqman saat dikonfirmasi melalui telepon di Jember, Minggu.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya akan berkomunikasi dengan pihak keluarganya untuk menentukan hak asuh RZ karena sehari-harinya ayahnya bekerja mencari nafkah sejak pagi hingga malam hari.

"Kami akan mengawal untuk memastikan bahwa hak asuhnya jatuh pada orang yang tepat agar RZ mendapat kehidupan yang lebih baik ke depannya, namun saat ini pemulihan trauma akan dilakukan secara intensif," tuturnya.

Baca juga: Polisi: Pelaku pembunuhan dua anak kandung di Jember diduga depresi
Baca juga: Polisi selidiki penyebab seorang ibu bunuh dua anaknya di Jember


Ia menjelaskan Dinsos juga siap melakukan intervensi dan mengambil alih hak asuhnya apabila diperlukan nantinya dan berkoordinasi dengan Kementerian Sosial untuk menjamin agar kebutuhan primer anak tersebut bisa tercukupi dengan baik, termasuk pendidikannya.

Sebelumnya Kapolres Jember AKBP M. Nurhidayat mengatakan bahwa seorang ibu KK yang membunuh kedua anak kandungnya dan bunuh diri diduga mengalami depresi berat.

KK ditemukan meninggal dalam kondisi menggantung di kusen pintu kamar, sedangkan dua anaknya terlentang di kasur dalam keadaan tak bernyawa, namun ada bekas jeratan pada leher anak pertama dan bekas pukulan benda tumpul pada anak ketiga, serta luka lebam pada bagian punggung luar.

Si ayah yang pulang bekerja setelah berjualan kaget mendapati istri dan kedua anaknya meninggal dunia dengan tragis, namun di dalam rumah tersebut terdapat anaknya yang masih selamat.

Baca juga: Psikolog: Bunuh diri dipicu kondisi mental pelaku
Baca juga: Kompolnas sarankan psikolog tersedia di tingkat polres

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023