Jakarta (ANTARA) - Produsen sepeda Indonesia, Patrol, mengikuti pameran sepeda terbesar di dunia yakni Eurobike, untuk memperluas pasar yang akan berlangsung pada 21 sampai 25 Juni mendatang.

Pabrikan sepeda asal Tangerang Selatan itu menjadi satu-satunya produsen sepeda asal Indonesia yang hadir di Eurobike 2023. Ajang akbar sepeda itu pada tahun ini pindah ke lokasi baru di Frankfurt Messe, untuk menampung lebih banyak peserta dan pengunjung.

Kehadiran produsen sepeda asal Indonesia di Eurobike 2023 mendapat sambutan hangat dari Kedutaan Besar Republik Indonesia Berlin.

"Langkah Patrol sangat tepat untuk terus konsisten mengikuti Eurobike. Banyaknya kehadiran pengunjung, baik bisnis maupun konsumen langsung, semakin meningkatkan eksposur produk Patrol dan memperbesar peluang penetrasi pasar sepeda Indonesia ke pasar Jerman dan Eropa, serta kawasan regional lainnya," kata Atase Perdagangan KBRI Berlin Bayu Wicaksono dalam keterangan tertulis yang diterima pewarta.

Pihak produsen sepeda juga menilai produk anyar mereka berupa sepeda elektrik, sepeda gravel, dan sepeda anak akan diminati pasar Eropa.

"Kami melihat industri sepeda berkembang ke arah serba elektronik dengan motor dan baterai yang memudahkan mobilitas dan efisiensi penggunanya, sehingga segmennya pun makin luas dan membuka potensi konsumen baru," ujar Marketing Head Patrol Vincentius Yongki.

Kegiatan bersepeda memang cukup erat dengan kegiatan masyarakat di Jerman. Bahkan pada tahun lalu, untuk menyambut Hari Ulang Tahun RI ke-77, tim sepeda balap diaspora Indonesia di Jerman bernama Adler Nusantara turut menyemarakkan ajang sepeda Hamburg Cyclassics.

Walaupun di Jerman kegiatan bersepeda untuk kegiatan sehari-hari telah lama dikenal, namun di Indonesia bersepeda baru mendapatkan momentumnya saat pandemi COVID-19. Saat itu, demam bersepeda terjadi di kota-kota besar di Indonesia.

Meski demikian, kegiatan bersepeda sebenarnya sudah akrab dengan masyarakat Indonesia sejak lama. Bahkan Indonesia sempat menghasilkan pebalap sepeda yang cukup mumpuni bersaing di dunia internasional, seperti Aiman Cahyadi yang kini membela tim Terengganu Polygon Cycling Team atau pebalap Mula Cycling Team, Bernard Van Aert.


Baca juga: Komite Sepeda Indonesia tanam seribu pohon di Jakarta secara bertahap
Baca juga: ISSI kirim 14 pebalap sepeda ke Kejuaraan Asia Trek 2023 di Malaysia
Baca juga: 48 peserta ikuti Lomba Ketangkasan Bermotor Polda Metro Jaya

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023