London (ANTARA News) - Penyanyi asal Skotlandia Emeli Sande menjadi artis pertama yang diumumkan memenangkan anugerah tertinggi musik Inggris, BRIT Award, Kamis pagi WIB.

Sande dianugerahi Penyanyi Wanita Terbaik (Best British Female), sementara Mumford & Sons menjadi Band Terbaik (Best Group).

Baik Sande maupun Mumford & Sons, dinominasikan mendapat tiga penghargaan.

Pada anugerah BRIT ini, roker Inggris Muse tampil membuk acara dengan membawakan nomor "Supremacy" , lengkap dengan iringan orkestra  serta kembang api.

Lalu Justin Timberlake, yang mengenakan tuksedo hitam menyala, melantunkan "Mirrors",  yang menandai  comeback-nya dalam album yang akan dirilis Maret nanti berjudul "The 20/20 Experience".  Album pertamanya dikeluarkan pada 2006.

Yang juga tampil di O2 Arena, London, dimana BRIT Award diadakan, adalah Taylor Swift, Mumford & Sons dan One Direction.

James Corden, komedian yang menjadi pembawa acara, melontarkan guyonan kepada personel One Direction, Harry Styles, serta kehidupan cintanya yang diekspos ke publik.

"Sharon Osbourne hadir. Annie Lennox juga hadir. Siapakah yang membuat mata Anda terus terbuka?" tanya Corden, seperti dikutip Reuters.  Styles hanya tersenyum dan berusaha menyembunyikan wajahnya sejenak.

Selain dinominasikan pada kategori Penyanyi Perempuan Terbaik, Sande, yang menjadi penyanyi pada acara pembukaan dan penutupan Olimpiade London lalu, juga dinominasikan dalam kategori Single Terbaik untuk "Next to Me" dan Album Terbaik lewat "Our Version of Events".

Pada kategori terakhir, Sande akan ditantang Mumford & Sons lewat "Babel", Alt-J ("An Awesome Wave"), Paloma Faith ("Fall to Grace") dan Plan B ("Ill Manors").  (*)

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013