kawasan ini merupakan padat penduduk
Padang (ANTARA) - Sebanyak tujuh petak bangunan di Jalan Koto Baru Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang,Sumatera Barat habis terbakar akibat kebakaran yang terjadi Minggu malam.

Kepala Bidang Operasional Sarana dan Prasarana Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang Sutan Hendra di Padang, Minggu mengatakan tujuh bangunan yang terbakar adalah enam unit rumah dan satu buah gudang grosir kebutuhan rumah tangga.

Ia mendapatkan laporan kebakaran terjadi pukul 18.18 WIB dan pihaknya langsung mengirimkan personel ke lokasi kejadian.

“Kita sampai di lokasi pukul 18.24 WIB dan melakukan pemadaman selama dua jam lebih. Baru sekitar pukul 20.40 WIB penanganan selesai dilakukan,” kata dia

Ia mengatakan menurunkan 80 personel dengan 11 unit kendaraan pemadam kebakaran untuk memadamkan api.

Baca juga: Lima toko dan dua rumah habis terbakar di Kota Padang Sumbar
Baca juga: Kawasan padat di Padang terbakar, kerugian ditaksir di atas Rp1 miliar


Kebakaran ini membuat tujuh petak bangunan terbakar yang dihuni enam kepala keluarga atau sebanyak 25 orang.

“Saat ini mereka semua mengungsi. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa maupun korban luka-luka,” kata dia.

Sementara itu untuk penyebab kebakaran hingga saat ini belum diketahui dan itu ranah kepolisian dalam mengungkap penyebabnya.

Namun dari saksi yang melapor, mereka melihat api dari salah satu rumah warga di bagian tengah kemudian saksi melaporkan ke Dinas Pemadam Kebakaran

Ia memperkirakan kerugian materi akibat kebakaran ini mencapai Rp3 miliar dengan luas bangunan yang terbakar mencapai 150 meter persegi.

“Alhamdulillah kita dapat melakukan penanganan dengan cepat karena kawasan ini merupakan padat penduduk. Ada 30 rumah yang akan terdampak jika penanganan tidak dilakukan dengan cepat,” kata dia.

Sebelumnya Wali Kota Padang, Sumatera Barat Hendri Septa mengajak masyarakat di daerah setempat agar mewaspadai cuaca panas yang terjadi di daerah itu yang dapat memicu terjadinya kebakaran.

"Dalam beberapa bulan belakangan Kota Padang mengalami cuaca yang cukup panas, kondisi tersebut bisa memicu terjadinya kebakaran," kata dia

Dirinya mengingatkan kepada seluruh masyarakat Kota Padang untuk selalu waspada terhadap terjadinya hal-hal yang tak diinginkan.

"Seperti musibah kebakaran ini. Saya harapkan kita selalu berhati-hati agar hal ini tidak terjadi menimpa rumah kita. Apa saja yang menyebabkan timbulnya kebakaran harus kita jaga," kata dia.

Baca juga: BPBD: Kebakaran lahan di Nagan Raya Aceh mencapai 13 hektare
Baca juga: Tim gabungan berusaha padamkan kebakaran di Kota Gorontalo
Baca juga: BPBD kerahkan enam pemadam tangani kebakaran rumah 60 KK di Denpasar

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023