Sapporo (ANTARA) - Lima orang meninggal dunia pada Minggu (18/6) dalam tabrakan langsung antara sebuah bus dan truk di utara pulau utama Jepang, Hokkaido.

 Menurut polisi, tabrakan antara bus dan truk terjadi setelah truk seberat empat ton itu menyimpang ke lalu lintas lain yang sedang melaju.

Menyusul kecelakaan sekitar pukul 11:55 waktu setempat di tikungan lambat di Rute 5 di Yakumo, selatan Hokkaido, para pengendara dari kedua kendaraan itu dipastikan meninggal dunia, bersama tiga penumpang di dalam bus.

Sementara sebanyak 12 penumpang lainnya dibawa ke rumah sakit.

Bus meninggalkan Sapporo pada pagi hari, menuju selatan ke Hakodate dengan membawa 15 penumpang saat kecelakaan terjadi, menurut operator bus Hokuto Kotsu Inc.

Bagian depan truk hancur, dan area di sekitar kursi pengemudi bus juga rusak berat, termasuk kamera dasbor.

Perusahaan yang berbasis di Sapporo mengidentifikasikan pengemudi bus sebagai Takayuki Kozen (64 tahun) dengan pengalaman mengemudi bus selama 15 tahun.

Perusahaan mengatakan bahwa dia tidak pernah menyebabkan kecelakaan besar dan telah mendapat libur selama dua hari sebelum hari kecelakaan.

Sang pengemudi truk (65 tahun) pun adalah sopir berpengalaman, kata pemilik truk, Nippon Clean Farm Ltd., yang juga menyebutkan bahwa kendaraan tersebut membawa babi dari sekitar Hakodate ke rumah jagal di Yakumo.

Sumber: Kyodo-OANA

Baca juga: Satu tewas dalam kecelakaan mesin derek di pembangkit nuklir Jepang

Baca juga: 5 Orang Tewas Dalam Kecelakaan Helikopter di Jepang

Penerjemah: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2023