Kairo (ANTARA) - China menyumbangkan sejumlah fasilitas publik hemat energi kepada Mesir, Minggu (18/6), untuk mendorong transformasi hijau dan adaptasi iklim di negara kawasan Afrika Utara itu.

Sumbangan yang meliputi lampu jalan LED tenaga surya, bohlam LED, sistem rumah bertenaga surya, dan AC hemat energi tersebut disediakan oleh Kementerian Ekologi dan Lingkungan Hidup China untuk membantu pola konsumsi Mesir menjadi ramah lingkungan.

Dalam upacara penyerahan bantuan di Kairo, Mesir, Minggu, Duta Besar China untuk Mesir Liao Liqiang menyebutkan bahwa kerja sama antara China dan Mesir dalam menangani perubahan iklim mencerminkan betapa luas dan dalamnya persahabatan antara kedua negara.

"Kerja sama ini menunjukkan tekad kuat China dan Mesir dalam mendorong transformasi hijau dan rendah karbon serta mengatasi perubahan iklim," kata Liqiang.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Badan Urusan Lingkungan di Kementerian Lingkungan Hidup Mesir Ali Abo Sena mengatakan bahwa sumbangan itu dapat membantu Mesir memenuhi komitmen iklimnya dengan memangkas emisi gas rumah kaca.

Pemberian sumbangan tersebut dilakukan di bawah kerangka nota kesepahaman (MoU) tentang donasi untuk memerangi perubahan iklim yang ditandatangani Kementerian Ekologi dan Lingkungan Hidup China dan Kementerian Lingkungan Hidup Mesir pada tahun 2016.

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023