Jakarta (ANTARA) - Penulis buku biografi “American Prometheus: The Triumph and Tragedy of J. Robert Oppenheimer,” Kai Bird mengatakan film “Oppenheimer” menakjubkan dan berharap besar terhadap film tersebut.

Melalui variety.com, Senin, sejarawan Kai Bird mengatakan film “Oppenheimer” diharapkan dapat menjadi pengetahuan baru untuk masyarakat dalam percakapannya dengan perwakilan dari Pusat Retribusi Biografi Leon di New York. Sebagai informasi, film “Oppenheimer” terinspirasi dari buku “American Prometheus: The Triumph and Tragedy of J. Robert Oppenheimer” karya Kai Bird dan Martin J. Sherwin yang diterbitkan tahun 2005 lalu.

“Saya pikir ini akan menjadi pencapaian artistik yang menakjubkan,” kata Bird.

Baca juga: "Oppenheimer" dari Christopher Nolan rilis cuplikan perdana

Menurutnya, film “Oppenheimer” membuat dirinya tercengang dan ia membutuhkan waktu untuk pulih secara emosional setelah menontonnya. Bird juga berharap dengan adanya film tersebut, masyarakat dapat membicarakan hal ini dengan pandangan baru dan mengetahui lebih dalam kehidupan ilmuwan di masa Perang Dunia tersebut.

Buku “American Prometheus: The Triumph and Tragedy of J. Robert Oppenheimer” adalah karya yang berhasil menyabet “Pulitzer Prize.” Pulitzer Prize merupakan penghargaan tertinggi dalam bidang jurnalisme dan sastra di Amerika Serikat. Bird menulis buku tersebut bersama mendiang Martin J. Sherwin.

Skenario untuk film karya Christoper Nolan tersebut diadaptasi dari buku yang menyajikan biografi J. Robert Oppenheimer, fisikawan Amerika yang memimpin Proyek Manhattan dalam pembuatan bom atom. Aktor Cillian Murphy akanberperan sebagai Oppenheimer dalam film tersebut.

Adapun Bird telah dikenal dengan berbagai karya biografi yang dibuatnya, termasuk buku tentang John J. McCloy, McGeorge Bundy, dan William Bundy. Film "Oppenheimer" akan memulai debutnya pada 21 Juli dari Universal Pictures. Bersama dengan Murphy, film tersebut dibintangi oleh Emily Blunt, Robert Downey Jr., Matt Damon dan Florence Pugh.

Baca juga: Film "Oppenheimer" resmi diberi rating R

Baca juga: "Oppenheimer" jadi film terpanjang yang digarap Christopher Nolan

Baca juga: Penayangan cuplikan baru "Oppenheimer" disambut meriah di CinemaCon

Penerjemah: Vinny Shoffa Salma
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023