Jakarta (ANTARA) - Pemain Spanyol Rodrigo Hernandez Cascante atau akrab disapa Rodri mengatakan memenangkan kejuaraan bersama tim nasional merupakan sesuatu yang istimewa.

Hal ini dikatakan Rodri selepas tampil penuh memperkuat Spanyol saat menjuarai UEFA Nations League 2023 dengan mengalahkan Kroasia 5-4 pada laga final melalui babak adu penalti di Stadion De Kuip, Belanda, Senin WIB.

"Menang bersama tim nasional adalah sesuatu yang sangat istimewa,” kata Rodri, dilansir dari Twitter resmi timnas Spanyol, Senin WIB.

Memasuki edisi ketiga Nations League, trofi itu menjadi yang pertama dimenangkan La Furia Roja sejak bergulirnya kompetisi tersebut.

Trofi ini sekaligus menjadi jawaban atas kekalahan pemenang Piala Dunia 2010 Afrika Selatan itu pada laga final Nations League edisi 2021. Saat itu tim yang masih diasuh oleh Luis Enrique tersebut kalah 1-2 dari Prancis pada laga final.

Baca juga: Van Dijk sebut Belanda tak tunjukkan kemauan untuk menang

Adapun bagi Rodri, piala ini menjadi piala keempat yang ia raih sepanjang 2023 setelah sebelumnya meraih tiga trofi yaitu Liga Inggris, FA Cup, dan Liga Champions bagi klubnya Manchester City.

“Kami telah menunjukkan kekuatan mental yang mengesankan. Tim saya membuat saya terpesona. Di level ini yang terpenting adalah menang dan kami telah melakukannya,” ujar pesepak bola 26 tahun itu.

Meski baru tiga edisi bergulir, Rodri mengaku tetap bahagia dapat membawa timnas yang kini dilatih Luis de la Fuente itu memenangkan Nations League.

“Kami menghargai turnamen ini sebagai sesuatu yang sangat sulit untuk dimenangkan. Kami telah mengalahkan tim-tim hebat dan kami sangat bahagia,” ucap Rodri.

Pada drama adu penalti, pemain Real Madrid Dani Carvajal menjadi penentu setelah tendangan panenkanya mengelabui Dominik Livakovic.

Terkait hal itu, Rodri sama sekali tidak meragukan kemampuan pesepak bola yang berposisi sebagai bek kanan tersebut ketika mengambil tendangan penentu.

"Saya tahu bahwa Dani Carvajal akan mencetak gol. Dia adalah pemimpin sejati,” kata Rodri.

Baca juga: Roberto Mancini senang Italia raih posisi tiga Nations League
Baca juga: Rodri: Manchester City membuat sejarah


Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023