Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo mengharapkan Kejuaraan Nasional Gubernur Cup Bola Voli antar klub se-Indonesia memacu kembali gairah cabang olahraga tersebut serta meningkatkan semangat atlet daerah untuk mengukir prestasi.

"Kejuaraan ini sekaligus sebagai momentum perbaikan, evaluasi, dan pelaksanaan program yang lebih terarah serta terencana khususnya cabang bola voli yang kelak dapat mengangkat prestasi Kalimantan Tengah baik di tingkat nasional maupun internasional," katanya di Palangka Raya, Senin.

Hal itu dia sampaikan saat membuka Kejurnas Gubernur Cup Bola Voli di GOR Indoor Jalan Tjilik Riwut Palangka Raya. Kejuaraan tersebut diikuti 18 tim atau klub bola voli yang berasal dari Kalimantan Tengah maupun berbagai daerah lain di Indonesia.

Sebanyak 18 tim tersebut terdiri dari 12 tim putra dan enam tim putri dengan sistem pertandingan setengah kompetisi atau grup. Kejuaraan ini memperebutkan Piala Gubernur Cup Kalteng dengan total hadiah mencapai Rp580 juta.

Sementara itu Sekda Kalimantan Tengah Nuryakin menambahkan, melalui kejuaraan ini pemerintah provinsi ingin meningkatkan persatuan dan kesatuan anak bangsa, sekaligus mengukur pembinaan prestasi olahraga khususnya cabang olahraga bola voli di provinsi tersebut.

"Kami ingin memotivasi dan mengoptimalkan pengembangan potensi atlet bola voli di Kalimantan Tengah untuk mengikuti kompetisi di tingkat nasional. Kejuaraan ini juga diharap dapat menjadi agenda tetap Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah," tegasnya.

Kejuaraan tersebut akan berlangsung selama delapan hari, terhitung sejak 18 Juni hingga 25 Juni.

Sedangkan Ketua Panitia Pelaksana Adi Nur Fajar mengatakan untuk kategori putra dibagi dalam empat grup yang masing-masing diisi tiga tim dan kemudian pada babak kedua diisi juara grup dan terbaik kedua untuk bermain dengan sistem gugur.

Untuk kategori putri dibagi dua grup yang masing-masing diisi tiga tim. Juara grup menunggu di empat besar, sedangkan tim di posisi kedua dan ketiga akan bermain lagi untuk menentukan tim yang berhak melaju di babak selanjutnya.

Adapun 18 tim yang berpartisipasi, yakni Argasela, Karang Taruna Kobar, Bhayangka Polda Kalteng, Samator Surabaya, Sylva MWL Ciamis, DKI Jakarta, Sylva Kalteng, Bina Putra Sukma, Wilmar, JVC Jakarta, Handep Hapakat, serta MVC Kotim untuk putra. Sedangkan untuk putri adalah PUPR Kalteng, DKI Jakarta, Pra Pon Kalsel, Sylva Sukabumi, BHS 73 Kalteng, serta TNI AL.

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023