Kami siap siaga agar kegiatan Pesta Kesenian Bali ke-45 kali ini agar dapat berjalan aman dan lancar, dengan menghadirkan pasokan listrik yang andal tanpa kedip dan tanpa asap
Denpasar (ANTARA) -
PT PLN (Persero) mendukung penuh kemeriahan pergelaran Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-45 yang berlangsung pada 18 Juni hingga 16 Juli 2023 dengan memastikan pasokan kelistrikan yang andal.
 
General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Bali I Wayan Udayana di Denpasar, Bali, Senin menyatakan PLN selalu siap siaga untuk menghadirkan keandalan pasokan listrik dalam mendukung berbagai perhelatan penting di Bali.
 
"Kami siap siaga agar kegiatan Pesta Kesenian Bali ke-45 kali ini agar dapat berjalan aman dan lancar, dengan menghadirkan pasokan listrik yang andal tanpa kedip dan tanpa asap," kata dia.
 
Pesta Kesenian Bali sendiri merupakan ajang pergelaran seni budaya tahunan yang menarik minat berbagai kalangan termasuk wisatawan lokal dan mancanegara.
 
Pergelaran PKB 2023 dibuka secara langsung oleh Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dan didampingi Gubernur Bali I Wayan Koster di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Niti Mandala Renon, Denpasar, Minggu (18/6).
 
Udayana menjelaskan kondisi kelistrikan subsistem Bali sangat aman, dengan daya pasok sebesar 1.555 Megawatt (MW), sedangkan beban puncak tertinggi mencapai 980 MW, sehingga terdapat cadangan daya mencapai 37 persen.
 
"Kondisi kelistrikan di Bali dalam keadaan surplus, sehingga PLN siap untuk mendukung event ini yang akan berlangsung selama sebulan penuh," katanya.
 
Udayana memastikan bahwa PLN selalu siap dengan menyiagakan setidaknya 69 personel dan peralatan pendukung antara lain dua UPS kapasitas 250kVA dan satu UPS kapasitas 100kVA. Selain UPS sebagai alternatif terakhir, disiapkan juga Genset berkapasitas 250kVA.
 
"Selain itu, khusus untuk pembukaan listrik dipasok dengan pengamanan berlapis dari dua penyulang dan back up yang berbeda untuk melayani kawasan Art Center dan sekitarnya," kata dia.
 
Udayana mengatakan pengamanan berlapis ini diperlukan demi memastikan kenyamanan pelanggan, sehingga jika terjadi gangguan, cadangan pasok listrik baik dari penyulang maupun peralatan pendukung dapat mengambil alih, sehingga penyaluran tenaga listrik tetap berjalan aman.
 
"Demi mendukung ajang tahunan ini, PLN memastikan kegiatan pemeliharaan khususnya di sisi jaringan distribusi telah dilaksanakan dan diselesaikan sebelumnya, sehingga saat kegiatan berlangsung kegiatan pemeliharaan ditunda atau ditiadakan kecuali terdapat unsur urgensi adanya kebutuhan perbaikan yang mendesak," kata dia.
 
Udayana mengimbau masyarakat untuk bersama-sama mendukung suksesnya acara Pesta Kesenian Bali tersebut dengan menikmati kegiatan kesenian yang berlangsung serta melaporkan jika melihat potensi bahaya kelistrikan melalui aplikasi PLN Mobile.

Baca juga: PLN digitalisasi meteran di Bali mulai Juni 2023

Baca juga: PLN memastikan risiko krisis energi di Bali termitigasi dengan baik

 

Pewarta: Rolandus Nampu
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023