Jakarta (ANTARA News) - Atlet-atlet Pelatnas mendominasi hasil seleksi nasional cabang olahraga tenis meja dalam seleksi berformat setengah kompetisi yang digelar sejak 17 hingga 20 Februari lalu di Hall Tenis Meja Pintu V, Senayan, Jakarta.

Seleknas yang digelar Caretaker Pengurus Besar Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PB PTMSI) itu diikuti atlet pelatnas serta non pelatnas senior dan junior yang disiapkan untuk menghadapi SEA Games XXVII/2013 di Myanmar, Asian Youth Games di Nanjing, SEATTA Junior di Filipina dan ASEAN School Games di Vietnam.

"Dari hasil seleknas ini, atlet-atlet Pelatnas masih mendominasi. Namun itu tidak jaminan karena masih ada seleknas selanjutnya," kata pelatih pelatnas, Anton Suseno, yang dihubungi via telepon, Kamis.

Seleknas, lanjut Anton, akan dilakukan satu atau dua bulan sekali hingga tiga bulan sebelum SEA Games Desember mendatang. Tujuannya untuk membuat iklim di Pelatnas menjadi lebih kompetitif.

Pada nomor putra, atlet tenis meja asal Jawa Timur Gilang Maulana duduk di posisi puncak klasemen. Juara World Junior Circuit di Doha pada 2007 tersebut meraih 15 poin dengan memenangan tujuh dari delapan pertandingan dalam seleknas tersebut.

Sedangkan di nomor putri atlet asal Jawa Barat Mira Fitria menempati posisi teratas klasemen sementara. Dia mendapatkan 20 poin setelah memenangi seluruh pertandingan sebanyak sepuluh kali.  "Hasil seleknas tahap pertama ini akan dievaluasi untuk penyelenggaraan seleknas di tahap berikutnya," ujar Anton.

Hasil seleknas ini akan disusun dalam bentuk ranking. Ranking satu sampai empat menjadi pemain utama, lalu posisi lima sampai delapan menjadi lapis kedua. Sedangkan, sembilan sampai dua belas menjadi lapis ketiga.

Untuk kategori senior putra, lima pemain Pelatnas yang terjun adalah Gilang Maulana (Jatim), Dahlan Haruri (Jatim), Doni Prasetyo (Jateng), Triono Poiyo (Sulut), dan Syaiful Lakoro (Kalteng). Sementara dua atlet pelatnas lainnya, Ficky Supit dan Yon Mardiono, baru ikut di Seleknas tahap II mendatang.

Sementara di kelompok putri, enam pemain Pelatnas yang turun yaitu Noor Azizah (Jatim), Widya (Jatim), Stella Priska (Jateng), Novita Oktariyani (Jakarta), Mira Fitria (Jabar), dan Tri Margareta (Kaltim).  Sementara dua nama atlet Pelatnas lainnya, Silir Rovani dan Kristin, juga baru turun di Seleknas II.

Berikut hasil seleknas senior putra:  1. Gilang Maulana (15), 2. Triono Poiyo (14), 3. Dahlan Haruri (13), 4. Doni Prasetyo (13), 5. Agus Fredi Pramono (13), 6. Syaiful Lakoro (12), 7. Acief Rachman (11) Hasil seleknas senior putri:  1. Mira Fitria (20), 2. Stella Priska Palit (19), 3. Noor Azizah (17), 4. Rina Sintya (16), 5. Widya Wulansari (16), 6. Novita Oktariani (16), 7. Novianti Chandra (14), 8. Tri Margareta (14), 9. Istiyani Lindawati (6).

(M047)

Pewarta: Monalisa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013