Tujuannya meningkatkan daya saing produk pelaku sentra industri.
Bandung (ANTARA) -
Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung meningkatkan daya saing para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) dengan menggelar Festival Sentra Industri dan Festival Kuliner di Mal Cihampelas Walk (Ciwalk), Kota Bandung, Jawa Barat yang siap digelar Selasa (20/6).
 
Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung Elly Wasliah menyatakan gelaran festival itu mengumpulkan 20 IKM berasal dari delapan sentra industri dari Kota Bandung, untuk menunjukkan produk-produk unggulan yang bisa dinikmati warga Bandung maupun dari luar Bandung.
 
"Tujuannya meningkatkan daya saing produk pelaku sentra industri. Ini juga meningkatkan promosi bahwa di Bandung terdapat produk sentra industri," kata Elly di Bandung, Jawa Barat, Senin.
 
Menurutnya, delapan sentra industri itu adalah Sentra Industri Kaos Suci, Sentra Industri Cibaduyut, Sentra Industri Rajut Binong Jati, Sentra Boneka Sukamulya dan Warung Muncang, serta Sentra Baju Anak dan Sentra Kain Cigondewah.
 
Elly mengatakan dua kegiatan festival itu digelar di satu tempat selama lima hari, yakni dari 20-25 Juni 2023.

Menurutnya pelaksanaan festival itu merupakan gelaran ketiga, mengingat telah digelar beberapa tahun sebelumnya.
 
Selain secara umum, menurutnya, dalam festival itu juga bakal digelar sesi Kuliner All About Tahu. Khusus sesi itu, menurutnya lagi, pihaknya bakal memperkenalkan kuliner khas asal Bandung yang berasal dari Sentra Tahu Cibuntu.
 
"Kami meningkatkan promosi Sentra Tahu Cibuntu. Jadi tempat acaranya sama di Ciwalk," kata Elly.
 
Pada sesi itu, menurutnya, akan ada sebanyak 15 pelaku usaha yang memamerkan dan menjajakan hasil produksinya yakni makanan berbahan dasar kedelai itu.
 
"Ini juga meningkatkan promosi bahwa di Bandung terdapat produk sentra industri," katanya lagi.
Baca juga: Kehadiran pusat bahan baku di Bandung pacu produktivitas IKM cangkul
Baca juga: Produk alas kaki Bandung yang kian eksis di pasar lokal dan ekspor

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023