Jakarta (ANTARA) - Pada Senin (19/6) pemerintah meluncurkan Program Wirausaha Merdeka 2023 dan membuka peluang kuliah gratis di Politeknik Ketenagakerjaan, pejabat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memaparkan upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, dan Menteri Kesehatan menyampaikan pandangan mengenai rancangan undang-undang tentang kesehatan.

Selain itu, ada warta mengenai penyebab gempa bumi yang terjadi di Mojokerto yang dapat disimak kembali dalam ringkasan berita berikut. 

Pemerintah luncurkan Program Wirausaha Merdeka 2023

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada Senin meluncurkan Program Wirausaha Merdeka 2023, yang merupakan bagian dari kebijakan Kampus Merdeka. Program ini memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan kemampuan wirausaha melalui aktivitas di luar perkuliahan.

Peluang kuliah gratis di Politeknik Ketenagakerjaan dibuka
​​​​​​​
Kementerian Ketenagakerjaan RI membuka program kuliah gratis di Politeknik Ketenagakerjaan bagi lulusan sekolah menengah atas dan sekolah sederajat yang gagal mengikuti seleksi nasional berdasarkan tes.​​​​​​​

KLHK tangani karhutla secara sistematis
​​​​​​​

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berusaha menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dengan upaya sistematis, yang mencakup pemantauan titik panas hingga penanganan kebakaran. 

Menteri Kesehatan ibaratkan RUU Kesehatan sebagai kompas

​​​​​​​Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengibaratkan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Kesehatan sebagai kompas yang memandu "kapal besar" Bangsa Indonesia menuju transformasi sistem kesehatan.

​​​​​​​Sesar yang belum terpetakan memicu gempa dangkal di Mojokerto

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa gempa dangkal yang terjadi di wilayah Mojokerto, Jawa Timur, dipicu oleh sesar aktif yang belum terpetakan. "Gempa bumi Mojosari, Mojokerto, dengan magnitudo 4,6 malam ini dipicu aktivitas sesar aktif yang belum terpetakan. Gempa ini tidak terletak pada jalur Sesar Surabaya," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono.
 

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023