Jakarta (ANTARA) - Upaya pencarian aktor Julian Sands yang hilang saat melakukan pendakian di Pegunungan San Gabriel California, Amerika Serikat, berlanjut lima bulan kemudian usai insiden terjadi pada Januari lalu.

Departemen Sheriff di San Bernardino, California, Amerika Serikat, pada Senin (19/6) waktu setempat. Meski kembali mengupayakan pencarian, pihak berwenang masih belum menemukan keberadaan Julian Sands, sang aktor asal Inggris.

"Pada Sabtu, 17 Juni 2023, Departemen Sheriff di San Bernardino melanjutkan upaya pencarian di hutan belantara area Mount Baldy untuk mencari pendaki Julian Sands yang hilang. Sayangnya, Tuan Sands tidak ditemukan," kata Departemen Sheriff, mengutip The Hollywood Reporter yang disiarkan Senin (19/6).

Upaya pencarian Julian Sands kali ini melibatkan lebih dari 80 sukarelawan yang tergabung dalam tim pencarian dan penyelamatan serta anggota kepolisian dengan menggunakan dua helikopter dan pesawat drone.

"Tim penerbangan masuk ke daerah terpencil di area Mount Baldy serta melakukan upaya pencarian dan pemantauan dari atas. Selain itu, drone mencari ke area yang tidak dapat diakses oleh tim darat," kata Departemen Sheriff San Bernardino.

Baca juga: Aktor Julian Sands hilang saat mendaki di Pegunungan San Gabriel

Mount Baldy memiliki area yang sulit untuk diakses karena kondisi pegunungan yang ekstrim. Beberapa area termasuk medan curam dan jurang, yang masih diselimuti es dan salju setinggi lebih dari 10 kaki.

Aktor yang dikenal lewat perannya di film "A Room With a View" (1985) dan "Warlock" (1989) itu dilaporkan hilang sejak 13 Januari 2023 sekitar pukul 19:30 waktu setempat saat melakukan pendakian di Pegunungan San Gabriel California, AS.

Sejak Sands dilaporkan hilang, Departemen Sheriff telah melakukan sebanyak delapan kali pencarian melalui jalur darat dan udara, dengan waktu yang dikerahkan lebih dari 500 jam. Di samping itu, delapan operasi pencarian dan penyelamatan lain juga telah dilakukan.

Baca juga: Pendaki Malaysia meninggal, seorang hilang di Everest

Baca juga: Jalur wisata pendakian Gunung Guntur ditutup karena ada pendaki hilang

Baca juga: 13 wisatawan hilang di Gunung Changshan China

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023