Selain bazar, di dalam kegiatan tersebut juga terdapat  agenda pelatihan bagi pelaku UMKM
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemrov) DKI Jakarta menyelenggarakan bazar di Balai Kota dalam rangka menyambut HUT ke-496 Jakarta tanggal 22 Juni sekaligus mendukung program peningkatan penggunaan produksi dalam negeri Kementerian Perindustrian.

"Kegiatan ini sejalan dengan peningkatan ekonomi kerakyatan, cinta terhadap produk dalam negeri, serta sebagai bentuk pembinaan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang tergabung di dalam JakPreneur," jelas Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo di Jakarta, Selasa.

Pemprov DKI menggelar bazar selama empat hari mulai 19 sampai 22 Juni 2023 berlangsung di Blok G, Lantai Dasar Balai Kota DKI, Jakarta Pusat dengan mengusung tema "Jadi Karya Untuk Nusantara".
 
Ratu berharap, kegiatan ini mampu memberikan manfaat bagi masyarakat luas, serta menciptakan akses pasar baru bagi pelaku UMKM yang tergabung di dalam JakPreneur (Jakarta Entrepreneur).
 
"Kami optimis kegiatan bazar ini dapat meningkatkan promosi produk-produk kreatif dari UMKM serta mendorong Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI)," ucap Ratu.

Pemprov DKI menggelar bazar selama empat hari mulai 19 sampai 22 Juni 2023 berlangsung di Blok G, Lantai Dasar Balai Kota DKI, Jakarta Pusat dengan mengusung tema "Jadi Karya Untuk Nusantara". ANTARA/HO-PPID DKI Jakarta


Selain bazar, di dalam kegiatan tersebut juga terdapat  agenda pelatihan bagi pelaku UMKM baik yang bersifat spesifik (hardskill) dan pelatihan umum (softskill).
 
Lalu, terdapat sosialisasi yang akan disampaikan sejumlah narasumber dari Bank DKI Jakarta hingga tempat kumpul kreatif bagi para pelaku UMKM di wilayah DKI Jakarta.
 
Adapun pelaku usaha yang terlibat dalam bazar ini, kata Ratu terdiri dari 36 usaha kecil dan menengah (UKM), Asosiasi Perusahaan Jasaboga Indonesia (APJI), Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Badan Penyelenggara Jaminan Sosial dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), serta  Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo).
 
Pembukaan bazar ini juga dihadiri perwakilan Kememkumham, BPJS Ketenagakerjaan, BI Provinsi DKI Jakarta, Bank DKI, UKM Jakarta Entrepreneur, Asmindo, dan APJI.
Baca juga: Pemkot Jaksel pamerkan produk binaan Jakpreneur sambut HUT DKI Jakarta
Baca juga: UMKM Jakarta Barat diminta maksimalkan fungsi web Jakpreneur
Baca juga: Jakarta Barat berdayakan 21 unit UMKM di Mal Puri Indah

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023