Washington, (ANTARA/PRNewswire)- Bekerja sama dengan para ilmuwan independen terkemuka, hari ini National Association for Biomedical Research (NABR) mengajukan petisi kepada International Union for Conservation of Nature (IUCN) yang menantang penetapan kera ekor panjang (Cynomolgus macaque) sebagai spesies terancam punah berdasarkan kriteria daftar IUCN. Penetapan ini adalah hasil dari penggunaan data yang tidak tepat yang tidak mendukung daftar spesies sebagai terancam punah. NABR meminta peninjauan secepatnya.

Presiden National Association for Biomedical Research, Matthew R. Bailey, berkata: "Primata nonmanusia berjumlah kurang dari 0,5% dari semua hewan dalam penelitian, tetapi mereka memainkan peran penting dalam mengembangkan obat, perangkat, dan vaksin baru untuk manusia dan hewan peliharaan. Puluhan ribu obat dan terapi mungkin tidak akan pernah berhasil melewati jalur penelitian dan pengembangan tanpa adanya kera ekor panjang dalam penelitian. Daftar kera ekor panjang dan semua pembatasan impor berikutnya harus didasarkan pada bukti ilmiah terbaik yang tersedia. Pembatasan sewenang-wenang yang dikenakan pada impor kera ekor panjang dapat membahayakan jutaan nyawa manusia dan mengancam kesehatan masyarakat global."

"Daftar kera ekor panjang sebagai terancam punah oleh IUCN menjadi preseden berbahaya karena penentuan ini tidak didasarkan pada informasi ilmiah yang ditinjau oleh rekan sejawat. Hal ini sangat meresahkan karena tindakan sewenang-wenang seperti ini akan membuat penelitian medis yang bisa menyelamatkan jiwa jadi semakin sulit dilakukan di AS dan di negara lain."

Penilaian IUCN yang dirampungkan pada 2022 tidak menyajikan bukti ilmiah yang mendukung reklasifikasi kera ekor panjang dari "rentan" menjadi "terancam punah". Penilaian IUCN mengandung banyak kekeliruan dan salah saji, dan tidak memberikan bukti nyata penurunan spesies dibandingkan dengan evaluasi sebelumnya.

Primata nonmanusia saat ini tidak tergantikan dalam ilmu saraf, gangguan neurodegeneratif, penyakit menular, imunoterapi, reproduksi, penuaan, penyakit radang kronis, dan bidang sains lainnya. Karena primata nonmanusia dan manusia berbagi antara 93% dan 98% DNA yang sama, memiliki anatomi otak yang mirip, dan berbagi sistem tubuh yang serupa, mereka adalah kunci penemuan penelitian biomedis yang menghasilkan obat, vaksin, dan biologi baru. Sebagian besar obat-obatan di pasaran saat ini mengandalkan data keamanan dan kemanjuran dari beberapa model hewan sebelum diizinkan untuk beralih ke uji klinis pada manusia, seperti yang ditunjukkan dalam 25 penelitian teratas untuk obat dan model hewan Foundation for Biomedical Research.

Presiden National Association for Biomedical Research, Matthew R. Bailey, akan memberikan kesaksian sebelum Konvensi International Trade in Endangered Species of Wild Fauna dan pertemuan Flora Animals Committee di Jenewa pada Senin, 19 Juni 2023, menyerukan peninjauan daftar yang terancam punah.

LATAR BELAKANG 

Kera ekor panjang digunakan secara ekstensif dalam penelitian medis untuk mengembangkan obat-obatan di Amerika Serikat. Laporan National Academies "Nonhuman Primate Models in Biomedical Research: State of the Science and Future Needs" (2023) menekankan bahwa pengujian hewan yang diikuti oleh uji klinis pada manusia saat ini tetap menjadi cara terbaik untuk memeriksa efek fisiologis, neuroanatomis, reproduksi, perkembangan, dan kognitif yang kompleks dari obat-obatan untuk menentukan apakah itu aman dan efektif untuk persetujuan pasar. Badan pengatur utama di seluruh dunia, termasuk U.S. Food and Drug Administration dan European Medicines Agency, mengharuskan sebagian besar obat dan biologi baru dievaluasi untuk mengukur keamanan dan kemanjurannya dengan model hewan pengerat dan hewan nonpengerat, termasuk primata nonmanusia, sebelum uji klinis pada manusia dapat dimulai dengan aman. 

Pada 7 Maret 2022, IUCN menetapkan bahwa kera ekor panjang harus dianggap "terancam punah" berdasarkan kriteria IUCN. Dasar penentuan ini dituangkan dalam penilaian yang diselesaikan oleh M.F. Hansen dan kontributor lainnya (Hansen et al. 2022).

Pada 15 Juni 2023, NABR mengajukan petisi ke IUCN yang menantang perubahan status daftar ini. Ilmuwan yang terlibat dalam penyusunan petisi mencatat kurangnya data untuk mendukung penentuan status terbaru ini. Dalam ulasannya tentang Hansen et al. (2022), petisi menyebutkan bahwa literatur ilmiah yang dirujuk sering disalahartikan dan informasi tersebut tidak menunjukkan bahwa populasi kera ekor panjang telah menurun.

Pengajuan petisi oleh NABR ini memicu tinjauan ilmiah oleh IUCN. Selama peninjauan ini, para ilmuwan akan memeriksa informasi ilmiah terbaik yang tersedia untuk menentukan status kera ekor panjang di bawah kriteria IUCN. Di akhir proses ini, IUCN akan mengumumkan temuannya beserta semua perubahan dalam status daftar.

Tentang National Association for Biomedical Research

Didirikan pada tahun 1979, National Association for Biomedical Research (NABR) adalah satu-satunya asosiasi nirlaba 501 (c)(6) yang didedikasikan untuk menyuarakan kebijakan publik yang sehat bagi penggunaan hewan secara manusiawi dalam penelitian, pendidikan, dan pengujian biomedis. Anggotanya mencakup lebih dari 340 universitas, sekolah kedokteran dan kedokteran hewan, rumah sakit pendidikan, perusahaan farmasi dan bioteknologi, kelompok pasien, serta masyarakat akademik dan profesional yang mengandalkan penelitian hewan yang manusiawi dan bertanggung jawab untuk memajukan kesehatan manusia dan hewan secara global. Pelajari lebih lanjut tentang kami di www.nabr.org.

NARAHUBUNG: Eva Maciejewski
(202) 967-8305

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023