Jakarta (ANTARA) - Pebalap Gresini Racing Alex Marquez dan Fabio Di Giannantonio mengaku lebih nyaman dengan setelan Desmosedici GP22 yang menjadi tunggangan mereka di MotoGP 2023 saat mengaspal di Sachsenring Hohenstein-Ernstthal, Jerman, Minggu (18/6).

Giannantonio finis di posisi kesembilan setelah mengawali lomba di urutan ke-14. Hasil tersebut jauh lebih baik dibanding putaran sebelumnya di Italia ketika menyelesaikan lomba di posisi ke-14.

"Kami melakoni balapan yang hebat, mungkin yang terbaik sejauh ini. Kami menyelesaikan beberapa manuver menyalip di trek yang hampir mustahil untuk dilewati. Saya sangat senang dengan rekomendasi ahli tim mekanik sehingga bikin nyaman motor saat balapan, meskipun sayang sekali kami memulainya jauh dari belakang," kata Giannantonio melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Dengan hasil di GP Jerman, pebalap asal Italia itu meraup 7 poin, sehingga pada klasemen sementara MotoGP 2023 dia berada di urutan ke-15 dengan 34 poin. Posisi pertama di tempati Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) dengan 160 poin.

Rekan satu tim Giannantonio di Gresini Racing, Alex Marquez juga mengatakan setelan motor pada GP Jerman mengalami perubahan.

Baca juga: Alex Marquez: Kesalahan kecil buat gagal raih podium MotoGP Italia

"Kami senang dan andai bisa menyelesaikan beberapa kendala setelan motor lebih awal dengan tim mekanik, kami akan membicarakan tentang hasil yang berbeda,” ujar Alex Marquez.

Pada balapan di Jerman, Alex Marquez finis di posisi ketujuh dan berhak atas sembilan poin yang membuatnya kini berada di posisi ke-11 dalam klasemen dengan 52 poin.

Pada kesempatan berbeda, Consumer Brand General Manager PT. ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI) Rommy Averdy mengatakan Alex Marquez dan Giannantonio mampu menunjukkan kualitasnya di GP Jerman.

"Mereka paham, mengumpulkan poin jauh lebih penting di Sirkuit Sachsenring yang sangat sulit ini. Tentu saja, tak hanya berpuas diri dengan hasil kali ini, masih ada seri selanjutnya di MotoGP Belanda untuk dijalani jelang libur musim panas," kata Rommy.

"Peran penting mekanik dalam memberikan rekomendasi ahli sangat dibutuhkan untuk mendukung para pembalap mendapatkan motor yang nyaman untuk meraih podium. Federal Oil mendukung dan berharap kedua pembalap bisa mendapatkan hasil lebih baik di Belanda nanti," pungkas Rommy.

Baca juga: Alex Marquez dan Giannantonio optimistis bangkit di MotoGP Jerman
Baca juga: Fabio Di Giannantonio mulai tunjukkan konsistensi raih poin di MotoGP

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023