Jakarta (ANTARA) - Dua pembalap Gresini Racing, Marc dan Alex Marquez, kompak meraih poin perdana bagi mereka dan tim pada MotoGP musim 2024 setelah masing-masing finis di posisi kelima dan tujuh dalam balapan Sprint yang digelar di Sirkuit Internasional Lusail, Sabtu (9/3) waktu setempat.

Dikutip dari keterangan resmi yang diterima pada Minggu, Marc Marquez, yang memulai balapan dengan total 11 lap dari posisi enam, mengatakan sangat menikmati balapan bersama tim dan motor barunya.

“Saya sangat menikmati (jalannya balapan), itu tidak diragukan lagi. Saya berhasil melakukan beberapa manuver menyalip, juga di lintasan lurus, saya berada di posisi teratas, dan saat itulah Anda mulai bersenang-senang dan akhir pekan menjadi lebih singkat,” ungkap Marc.

Adapun Marc mencatatkan waktu tercepat 1 menit 50,961 detik, tepat di belakang juara bertahan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) pada Sprint MotoGP Qatar kali ini.

“Saya membuat kesalahan ketika saya tahu saya bisa, di lap pertama dan kemudian saya kalah bersaing dengan Fabio (Di Giannantonio, Pertamina Enduro VR46),” ungkap Marc.

Baca juga: Martin menangi Sprint MotoGP Qatar, Marquez lengkapi lima besar

Posisi akhirnya di lima besar pun merupakan target sang juara dunia delapan kali pada debutnya di Gresini Racing, yang didukung penuh oleh pelumas asal Indonesia, Federal Oil, tersebut.

“Kami berada di tempat yang kami inginkan, di lima besar, dan itulah tujuan kami besok karena hari ini saya mengharapkan Enea Bastianini (Ducati Lenovo) sedikit lebih maju dan Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) tidak sekompetitif yang terlihat,” ujar Marc.

Sependapat, sang adik, Alex Marquez, mengatakan ia dan tim segera bersiap untuk balapan utama, setelah melakoni persaingan sengit di Sprint.

Adapun Alex memulai Sprint dari posisi kesembilan, dan finis di posisi ketujuh dengan catatan waktu lap terbaik 1 menit 51,266 detik.

“Di balapan sprint kami kehilangan waktu di awal, terutama karena Fabio Di Giannantonio. Pertama, pertarungan dengan Marc Marquez, dan kemudian kecelakaannya membuat saya kehilangan banyak posisi,” kata Alex.

Tim ahli mekanik Gresini Racing pun akan semakin mengembangkan berbagai aspek teknis agar Ducati Desmosedici GP23 menjadi lebih nyaman dan kompetitif bagi Marquez bersaudara untuk bertarung di Lusail, Senin (11/3) pukul 00.00 WIB.

“Kami membutuhkan awal yang baik besok dan mencoba mengelola ban sebaik mungkin,” ujarnya.

Baca juga: Statistik MotoGP Qatar 2024 di Lusail

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024