Peserta yang ikut merupakan mahasiswa dari 19 perguruan tinggi di seluruh Indonesia
Jambi (ANTARA) - Universitas Jambi (Unja) didaulat menjadi tuan rumah Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional (MTQMN) Tahun 2023 yang bakal digelar hingga 22 Juni 2023.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Sistem Informasi Unja Prof Rayandra di Jambi, Selasa, mengatakan terdapat 13 cabang lomba yang diperlombakan, diantaranya
Musabaqah Tilawatil Qur’an, Musabaqah Tartil Qur’an, Musabaqah Maulid Berzanji, Musabaqah Hifzil Qur’an 5 Juz, Musabaqah Hifzil Qur’an 10 Juz.

"Peserta yang ikut merupakan mahasiswa dari 19 perguruan tinggi di seluruh Indonesia," katanya.

Penyelenggaraan MTQMN tahun 2023 mengusung tema “Internalisasi Nilai-Nilai Qur’ani dalam Rangka Membentuk Insan yang Beriman, Bertakwa, dan Menerapkan Nilai-Nilai Qur’ani dalam Kehidupan Sehari-Hari”.

Ia berpesan kepada kafilah MTQMN menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengimplementasikan nilai Qur’an di dalam kehidupan sehari-hari. Ia berharap dari MTQMN ini, para mahasiswa bisa memiliki kualitas iman dan taqwa yang lebih baik.

Sementara itu Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani mengapresiasi Unja yang menyelenggarakan kegiatan berskala nasional.

Hal ini, kata dia, menunjukkan keseriusan Unja dalam mengintelektualisasikan nilai religius di dunia pendidikan.

"Semoga MTQMN berjalan lancar dan sukses. Kegiatan MTQMN insyaAllah menjadi ikhtiar kita dalam membina nilai spiritual anak-anak bangsa. Saya berpesan kepada mahasiswa, jadikan Al Qur’an sebagai pegangan hidup, spirit muslim yang kreatif, dan menjadikan masyarakat yang intelektual,” katanya.

Ketua Pelaksana MTQMN 2023 Supian Ramli mengatakan perlombaan MTQMN 2023 para kafilah juga merasakan city tour ke beberapa wisata di Jambi salah satunya wisata religi.

Peserta diajak untuk city tour ke Candi Muaro Jambi, Kebun Nanas Tangkit Muaro Jambi, Danau Sipin Kota Jambi, Masjid Agung Al Falah, dan Gentala Arasy.

Pada MTQMN 2023 Unja dengan seluruh 7 fakultas mengirimkan perwakilan mahasiswa untuk ikut lomba. MTQMN juga memberikan ruang untuk UKM dan mahasiswa pengusaha Unja dengan diadakannya bazar UKM dan bazar mahasiswa entrepreneur kita.

Baca juga: Universitas Negeri Malang juara umum MTQ Mahasiwa Nasional

Baca juga: MTQ Unhas 2023 hadirkan Lomba Ceramah Bahasa Bugis Makassar

Baca juga: Wujudkan generasi Qurani, UNP gelar lomba MTQ mahasiswa

Baca juga: ISI Padang Panjang siapkan kafilah MTQ nasional

Pewarta: Tuyani
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023