Saat kita meditasi kita bisa kembali untuk selaras dengan diri sendiri
Jakarta (ANTARA) - Founder & CEO of Wellness Inc Cindy Gozali meyakini seseorang tidak perlu bermeditasi selama berjam-jam melainkan cukup maksimal selama 20 menit dan 10 menit bagi pemula.
 
"Yang penting bisa fokus, being present. Dan fokus itu pilihan. Kita banyak hal yang bisa kita fokus. Tetapi kita harus punya niat dan harus punya pilihan," ujar dia dalam konferensi pers "Plaza Indonesia Wellness Festival" di Jakarta, Selasa.
 
Menurut Cindy, inti dari meditasi ialah bernapas dengan penuh kesadaran, melepas atau unplug, terhubung kembali atau recconect dengan diri sendiri.
 
Ini mengingat sebagian orang seringkali sibuk pada aktivitas harian dan melupakan diri sendiri sehingga mengalami stres dan kelelahan.

Baca juga: Yoga jadi alternatif tenangkan tubuh dan pikiran saat pandemi

"Saat kita meditasi kita bisa kembali untuk selaras dengan diri sendiri," kata dia.

Untuk memulai meditasi, seseorang disarankan mengatur posisi duduk yang nyaman. Bisa juga melepas aksesoris seperti kacamata atau jam tangan demi menyingkirkan semua kemungkinan gangguan.
 
Duduklah dengan posisi punggung tegak namun rileks agar bernapas bisa lebih lancar dan dalam.
 
Selanjutnya, rapatkan jari-jari lalu taruhlah telapak tangan dengan bagian bawah menghadap ke atas, di atas lutut. Ini memberi sinyal tubuh siap menerima, termasuk pikiran dan hati.
 
Angkat sedikit dagu supaya tidak jatuh tertidur selama bermeditasi dan ingatlah untuk mempertimbangkan kenyamanan.
 
"(Angkat dagu) jangan terlalu tinggi juga, yang penting nyaman. Boleh tutup mata. Saat menutup mata coba cek postur sudah nyaman, duduk tegak, bahu rileks," ujar Cindy.

Baca juga: Terlalu banyak berpikir? Begini cara mengatasinya
 
Dia mengatakan salah satu cara agar bisa konsisten bermeditasi yakni berada di lingkungan yang nyaman dan mendukung.
 
Cindy biasanya memutarkan musik yang mendukung untuk bermeditasi. Di sela-sela kelas meditasinya, dia akan meminta para partisipan menarik napas dalam-dalam dengan penuh kesadaran lalu menghembuskannya perlahan.
 
Selama kelas meditasi, dia akan menuturkan kata-kata positif yang intinya membantu para partisipan kembali pada diri sendiri, melepas penat sesaat dari pekerjaan.
 
Dalam pekerjaan kita, kita selalu memberikan diri kita pada orang lain, kepada deadline, kepada proyek-proyek kita. Maka sekarang adalah waktunya kita memberikan waktu kepada diri sendiri".
 
Seperti semua teknologi kita yang perlu kita recharge, kita harus bisa recharge diri kita agar tidak kehabisan baterai, tidak stres dan burnout agat kita bisa memberikan yang terbaik untuk kita, lingkungan, pekerjaan", demikian garis besar kata-kata yang dia tuturkan.
 
Saat akan mengakhiri kelas, Cindy meminta para partisipan membuka mata kembali dengan senyum. Dia menyarankan orang-orang melakukan meditasi saat matahari terbit, dan malam hari sebelum tidur.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023