Hal ini menunjukkan terbuka peluang besar untuk pengembangan Belanda sebagai hub kuliner Indonesia di Eropa baik dari kualitas, konsep, maupun kuantitas
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan saat ini ada sekitar 400 bisnis kuliner Indonesia tersebar di Belanda, sehingga berpotensi meningkatkan ekspor bumbu dan rempah Tanah Air.

“Saat ini tercatat sebanyak 400 lebih bisnis kuliner Indonesia yang tersebar di Belanda mulai dari restoran, toko, hingga bisnis katering rumahan. Hal ini menunjukkan terbuka peluang besar untuk pengembangan Belanda sebagai hub kuliner Indonesia di Eropa baik dari kualitas, konsep, maupun kuantitas,” ujar Sandiaga dalam keterangan resminya yang diterima di Jakarta, Selasa.

Menparekraf mendukung penuh pengembangan restoran dan penyaluran bumbu Indonesia ke Belanda sebagai salah satu negara tujuan dalam payung program “Indonesia Spice Up The World”.

Salah satu dukungan yang telah dilakukan, salah satunya melalui kegiatan Investment Dialogue Series yang berkolaborasi dengan KBRI Den Haag, Belanda yang bertujuan membuka wawasan peluang investasi restoran Indonesia di Belanda.

Adapun Indonesia Spice Up The World merupakan program percepatan pencapaian target pembukaan 4.000 restoran Indonesia di luar negeri dan peningkatan ekspor bumbu rempah hingga 2 miliar dolar AS.

Sementara itu, Duta Besar Republik Indonesia untuk Belanda, Mayerfas mengatakan, jumlah restoran Indonesia di Belanda memang cukup besar dan didorong untuk terus tumbuh.

Bahkan, lanjut dia, saat ini ada beberapa pengusaha yang berencana untuk melakukan investasi restoran Indonesia di Belanda. Ia pun optimis makanan Indonesia dapat menjadi salah satu makanan utama di Belanda dan juga di Eropa.

Tidak hanya makanan, rempah-rempah asal Indonesia juga memiliki potensi pasar yang besar. Di antaranya rempah-rempah utama seperti lada putih, lada hitam, pala, kayu manis, cengkeh, dan vanili.

"Permintaan ini masih akan terus berkembang dari waktu ke waktu. Jadi kami optimistis upaya meningkatkan pemasaran rempah-rempah Indonesia di luar negeri akan sangat besar. Kami juga bekerja sama dengan berbagai UMKM di Indonesia termasuk petani untuk meningkatkan pasar mereka di Belanda," katanya.


Baca juga: Kemenperin bidik ekspor bumbu masak 2 miliar dolar AS
Baca juga: Eksportir Sulsel penuhi permintaan ekspor rempah ke Dubai
Baca juga: Bantu petani, Astra dan pemerintah ekspor 50 ton rempah ke India


Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023