Palembang (ANTARA) - PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menggelar pelatihan juru penyembelihan hewan kurban untuk warga di Masjid Jami' Bukit Asam, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

“Pelatihan tersebut diikuti oleh 400 peserta, terdiri atas pengurus masjid, mushalla, dan langgar yang berasal dari Kecamatan Lawang Kidul, Tanjung Agung, dan Muara Enim,” kata AVP Sustainable Economic, Social & Environment PTBA Mustafa Kamal dalam keterangannya di Palembang, Selasa.

Ia mengatakan pelatihan tersebut ditujukan bagi pengurus masjid, mushalla, dan langgar yang akan melaksanakan penyembelihan hewan kurban sesuai dengan syariat Islam.

"Harapannya para peserta mampu melaksanakan penyembelihan hewan kurban sesuai syariat Islam. Begitu juga dari segi kesehatan hewannya, dapat mengikuti standarisasi yang benar," ujarnya.

Baca juga: Ahli IPB digandeng latih juru sembelih hewan kurban di Muara Enim

Menurut Mustafa, PTBA hadir untuk menambah wawasan, agar para peserta lebih paham tentang hakikat dari kurban hingga sistem pendistribusian daging kurban.

Koordinator Pelatihan Penyembelihan Hewan Kurban 1444 H PTBA M Alfajrin mengatakan PTBA pada tahun 2022 juga melaksanakan pelatihan serupa.

"Kegiatan ini merupakan kontribusi perusahaan terhadap masyarakat yang ada di wilayah Tanjung Enim dan sekitarnya," kata dia.

Ia menjelaskan kegiatan pelatihan dibagi menjadi tiga sesi, yaitu dua sesi teori dan satu sesi praktik langsung penyembelihan hewan kurban. Pertama, teori tentang syariat secara agama, fikih dan hukum-hukum dalam kurban. Materi tersebut disampaikan oleh penyuluh dari KUA Lawang Kidul.

Baca juga: PTBA memberdayakan ibu rumah lewat usaha rosela

“Materi kedua tentang kesehatan dan penyakit-penyakit yang ada pada hewan kurban, disampaikan oleh dokter hewan dari Dinas TPHP Muara Enim. Kemudian yang ketiga adalah praktik tata cara penyembelihan, dilakukan oleh perwakilan dari organisasi Juru Sembelih Halal Tanjung Enim,” katanya.

Pengurus Masjid Jami' Bukit Asam Wirsal menyambut baik pelatihan yang dilaksanakan oleh PTBA karena dapat menambah ilmu dalam penyembelihan hewan kurban.

"Dengan adanya kegiatan ini dapat menambah ilmu dalam penyembelihan hewan kurban, dan harapannya tetap dapat dilaksanakan setiap tahun," kata dia.

Salah satu peserta pelatihan penyembelihan hewan kurban PTBA Aditya Herlin Pradana mengatakan kegiatan yang diadakan PTBA ini penting untuk generasi muda.

Baca juga: PTBA dukung pertanian ramah lingkungan

"Kalau bisa dilibatkan lebih banyak yang muda agar menambah wawasan dan ilmu untuk melanjutkan yang sudah tua dalam penyembelihan hewan kurban," ucapnya.

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023