Jakarta (ANTARA) - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan bahwa Indonesia tahun ini mendapat tambahan fasilitas dari Arab Saudi berupa mobil golf yang akan digunakan untuk membantu mobilitas jamaah dari tenda di Mina hingga titik terdekat jamarat.

"Alhamdulillah untuk jamaah kita yang maktabnya nanti di Mina relatif jauh, kita mendapat tambahan fasilitas mobil golf untuk membantu mereka sampai titik terdekat dengan jamarat," ujar Menag Yaqut dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa.

Kepastian tambahan mobil golf tersebut disampaikan Menag Yaqut usai mengikuti pembukaan Muktamar Perhajian yang diselenggarakan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi di Jeddah, Arab Saudi, Selasa. Muktamar ini mengangkat tema “Fiqh at-Taysir fil-Hajj”

Ia mengatakan tambahan fasilitas berupa mobil memang diusulkan oleh Kementerian Agama berdasarkan hasil evaluasi penyelenggaraan ibadah haji tahun lalu. Menurut dia, jarak tempuh yang cukup jauh dari tenda menuju jamarat memerlukan sarana transportasi agar jamaah tidak terlalu kelelahan.

Selain itu, kata dia, mobil golf juga akan berguna dalam mempercepat proses evakuasi. Menag Yaqut akan terus mengupayakan agar terdapat penambahan mobil golf.

"Tahun lalu kita minta ke Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi agar disiapkan mobil golf di Mina untuk melakukan evakuasi jika terjadi sesuatu terhadap jamaah haji kita. Infonya tahun ini dipenuhi. Ada 15 mobil golf yang disiapkan," ujarnya.

Usai mengikuti pembukaan muktamar perhajian, Menag Yaqut dijadwalkan meninjau kesiapan layanan di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armina). Selain mobil golf, tenda jamaah haji Indonesia di Arafah juga mendapat tambahan toilet. Setiap maktab, disiapkan toilet dengan 10 pintu dan akan menambah keberadaan 20 toilet yang sudah ada sebelumnya.

"Hari ini kita cek kesiapan tambahan toilet di Arafah, termasuk juga renovasi dapur-dapur yang disiapkan untuk memasak makanan jamaah," kata dia.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023