Jayapura (ANTARA) - Kapolres Mimika AKBP I Gede Putra mengatakan, situasi kamtibmas di wilayahnya relatif kondusif usai pelantikan Penjabat Bupati Mimika di Nabire, Papua Tengah, Selasa (20/6).

"Walaupun demikian, anggota senantiasa siaga dan melakukan patroli serta mengimbau agar menerima dan menghargai apa yang dilakukan pemerintah. Mari kita bersama-sama menerima apa apa yang menjadi putusan pemerintah," kata AKBP Gede Putra kepada Antara, Selasa.

Kapolres Mimika yang yang mengaku masih berada di Nabire itu berharap masyarakat tidak mudah terpengaruh dengan isu-isu yang sengaja dilontarkan pihak tertentu.

"Personel terus bersiaga di Timika, " kata Kapolres Mimika AKBP I Gede Putra.
  Penjabat Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk, Selasa di Nabire melantik Penjabat Sekda Provinsi Papua Tengah, Valentinus Sudarjanto Sumito sebagai Penjabat Bupati Mimika.

Pelantikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri nomor 1.2.1.3-1263/2023 tentang pengangkatan penjabat Bupati Mimika, Provinsi Papua Tengah.

Penjabat Bupati Mimika Valentinus Sudarjanto Sumito menggantikan Johannes Rettob yang sebelumnya menggantikan Eltinus Omaleng.

Pasangan Bupati Mimika Eltinus Omaleng dan Wabup Johannes Rettob saat ini masing-masing sedang menjalani persidangan terpisah terkait dugaan korupsi yang dituduhkan kepada keduanya. Bupati nonaktif Eltinus Omaleng saat ini menjalani proses hukum terkait kasus dugaan korupsi pembangunan gereja Kingmi di Mile 32 Timika, dan Wabup Johannes Rettob tengah menjalani proses hukum di Pengadilan Tipikor Jayapura terkait dugaan korupsi pengadaan pesawat dan helikopter saat menjadi Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika tahun 2015.

Baca juga: Polisi akan menindak tegas pelaku pembakaran rumah warga di Nabire
Baca juga: Menkes: Polri usut dugaan kematian tak wajar Dokter Mawartih di Nabire
Baca juga: Polisi selidiki terbakarnya 13 ruangan di kampus Fisip USWIM Nabire

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023