Jakarta (ANTARA) - Pelita Jaya Bakrie Jakarta berhasil mencetak kemenangan ke-25 musim IBL 2023 setelah menaklukkan West Bandits Solo dengan skor 89-56 dalam lanjutan kompetisi IBL Seri Kedelapan di Britama Arena Jakarta, Selasa.

West Bandits menjadi korban agresivitas Pelita Jaya, meski tim asal Solo itu sempat menunjukkan perlawanan di kuarter pertama dengan menyeimbangkan poin, akan tetapi tim asal Jakarta itu terlalu tangguh untuk dilawan.

Pelita Jaya sama sekali tak memberikan kesempatan West Bandits untuk membukukan keunggulan, bahkan sempat mencetak selisih tertinggi 38 poin.

Tertinggal 17 poin di babak pertama, membuat West Bandits sulit untuk bangkit. Pelita Jaya menambah 25 poin di kuarter ketiga untuk memimpin dengan margin 28 angka yaitu 66-38.

Di kuarter keempat, Pelita Jaya menarik semua pemain asingnya di lima menit terakhir dan memainkan lima pemain lokal yang sebagian besar pemain dari bangku cadangan kecuali Yesaya Saudale. Namun performa tim tetap terjaga dan menutup laga dengan kemenangan.

Baca juga: RANS PIK menang mudah lawan Mountain Gold

Andakara Prastawa kembali bermain setelah beberapa gim tidak masuk dalam skuad. Dia memulai laga dari bangku cadangan selama 11 menit waktu bermain dengan kontribusi 11 poin. Pemain andalan Timnas Basket Indonesia itu memasukkan tiga kali three point dari empat upaya yang dilakukannya.

"Saya sedang mengembalikan kondisi. Bersyukur bisa kembali bermain dan membawa tim menang. Kami akan libur dua hari dan akan menjalani dua pertandingan pada Jumat (23/6) dan Sabtu (24/6)," kata Prastawa usai laga.

Dominique Sutton juga menyumbang 11 poin, enam rebound, dan satu assist untuk Pelita Jaya. Dashaun Wiggins mencetak 13 poin. Vincent Kosasih mencatat double-double 10 poin dan 11 rebound, lalu Govinda Julian Saputra menambahkan 10 poin.

Rio Disi mencetak 14 poin untuk West Bandits dan hanya dia seorang yang menorehkan catatan poin di atas 10 pada laga ini. Rio memasukkan tiga kali three point dari enam percobaan yang dilakukannya.

Dengan kemenangan ini, Pelita Jaya membukukan 25 kali menang dari 28 pertandingan dan masih memiliki dua pertandingan melawan RANS PIK Basketball pada Jumat (23/6) dan melawan Satria Muda Pertamina Jakarta di laga reguler pamungkas IBL 2023 pada Sabtu (24/6).

Sementara itu West Bandits sampai saat ini belum pernah menang sejak Seri Yogyakarta atau seri keenam.

Baca juga: Bumi Borneo pastikan tempat di playoff IBL 2023
Baca juga: Agassi Goentara harus absen dari Pelita Jaya terkait kode etik

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023