Jakarta (ANTARA) - Pada Selasa (20/6), Universitas Brawijaya mengukuhkan dua guru besar dalam bidang yang berbeda yakni Prof. Dr. Abdullah Said dan Prof. Ananda Sabil Hussein, S.E., M.Com., Ph.D.

Selain itu, ada warta mengenai persiapan puncak haji di Arafah-Muzdalifah-Mina (Armuzna), salah satunya terkait dengan jadwal alur pergerakan jamaah haji Indonesia. Warta tersebut bisa disimak kembali dalam rangkuman berita berikut.

1. Universitas Brawijaya kukuhkan dua guru besar bidang ilmu berbeda

Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur, Selasa (20/6) mengukuhkan dua profesor baru dalam bidang ilmu berbeda, yakni Prof. Dr. Abdullah Said dan Prof. Ananda Sabil Hussein, S.E., M.Com., Ph.D.

Prof. Abdullah Said dikukuhkan sebagai profesor Bidang Ilmu Perencanaan Pembangunan pada Fakultas Ilmu Administrasi (FIA), sedangkan Prof. Ananda Sabil Husein sebagai profesor dalam Bidang Ilmu Manajemen Pemasaran pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

2. Guru Besar FKUI: Inisiatif Satu Sehat perlu dukungan jejaring kerja

Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Prof Tjandra Yoga Aditama mengemukakan Deklarasi Para Pemimpin ASEAN tentang Inisiatif Satu Kesehatan atau one health perlu didukung dengan jejaring kerja yang jelas.

"Bentuk kegiatan, antara lain mengidentifikasi kemungkinan ancaman pada kesehatan manusia, hewan, tanaman dan lingkungan, termasuk organisme yang mungkin menimbulkan penyakit zoonosis dan pandemi di masa depan," kata Tjandra Yoga Aditama yang dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

3. BNPB sebut tren kejadian bencana Aceh mulai bergeser ke karhutla

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memaparkan bahwa tren kejadian bencana di Provinsi Aceh mulai bergeser dari banjir menjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Pelaksana Tugas Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menjelaskan meski tidak memiliki lahan gambut yang luas, Aceh merupakan wilayah yang rawan karhutla.

4. Menkes: RUU peluang Indonesia kejar ketertinggalan bioteknologi

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengemukakan RUU Kesehatan membuka peluang bagi Indonesia untuk mengejar ketertinggalan layanan bioteknologi di dunia kedokteran Indonesia.

"Malaysia sudah lakukan program ini sejak 2004, Singapura bahkan lebih dini lagi. Banyak negara maju sudah secara agresif melaksanakan program seperti ini karena mereka memahami itu," kata Budi Gunadi Sadikin di Jakarta, Selasa.

5. PPIH: Ini alur pergerakan jamaah Indonesia saat puncak haji

Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1444 H/2023 M mulai mempersiapkan beragam layanan selama puncak haji, Arafah – Muzdalifah – Mina (Armuzna) salah satunya terkait jadwal alur pergerakan jamaah haji Indonesia.

“Jelang puncak haji, jamaah haji Indonesia akan mulai diberangkatkan secara bertahap ke Arafah pada 8 Zulhijah 1444 H. Jamaah akan mengenakan kain ihram dan mengambil miqat di hotel masing-masing,” kata Ketua PPIH Arab Saudi Subhan Cholid di Mekkah.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023