Jakarta (ANTARA) - Museum sepak bola bernama LEGENDS, The Home of Football yang dipersembahkan oleh LaLiga telah diresmikan di sebuah acara yang menampilkan para legenda sepak bola dunia di Madrid, pada Selasa (20/6) waktu setempat.

Dikutip dari keterangan resmi, Rabu, Presiden LEGENDS Marcelo Ordás dan Presiden LaLiga Javier Tebas bergabung dengan mantan pemain sepak bola seperti Luis Figo, Gary Lineker, Mario Alberto Kempes, Hugo Sánchez, Javier Zanetti, Lothar Matthaus, David Villa dan Claudio Paul Caniggia pada pembukaan resmi tempat tersebut.

Mereka semua datang untuk memberikan dukungan pada proyek unik yang dibuka di Madrid pada 1 Juni itu.

“Impian kami adalah membawa warisan dari semua institusi sepak bola terpenting dan warisan permainan indah ke Madrid, ibu kota sepak bola dunia, untuk kepentingan orang-orang Spanyol dan pengunjung dari seluruh dunia. LEGENDS akan menjadi pengalaman tersendiri,” kata Ordás.

“LEGENDS adalah tonggak penting dalam sejarah olahraga dunia dan kami di LaLiga sangat bangga menjadi bagian dari proyek ini. Kami akan terus mempromosikan Madrid sebagai episentrum olahraga secara global dan akan melakukannya dengan melindungi warisan permainan ini,” imbuh Tebas.

Baca juga: LaLiga pecahkan rekor kehadiran lebih dari 15 juta penonton di stadion

LEGENDS, The Home of Football pun menawarkan kepada pengunjung koleksi 600 item yang telah digunakan dalam pertandingan oleh para pemain ikonis dan disetujui oleh UEFA dan FIFA.

Koleksi diambil dari berbagai kompetisi internasional seperti Piala Dunia FIFA, Kejuaraan Eropa, Copa America, Liga Champions UEFA, Copa Libertadores, Pertandingan Olimpiade, Piala Interkontinental, Piala Dunia Klub, Liga Eropa UEFA, sepak bola wanita dan banyak nasional liga, di antaranya LaLiga.

Semuanya sekarang dipajang di gedung tujuh lantai yang terletak di Carrera de San Jerónimo, di jantung Puerta del Sol Madrid.

Dengan luas 4.200 m2, gedung akan mencakup Metaverse Game Area, toko sepak bola, Bioskop 4D, permainan robot dengan augmented reality dan ruang yang disebut Football Art, di mana pengunjung akan dapat menikmati pengalaman yang mendalam dan menakjubkan melalui teknologi digital dan proyeksi seni.

Proyek itu juga memiliki restoran LaLiga TwentyNine yang terletak di rooftop, dengan pemandangan spektakuler ke arah Puerta del Sol.

Baca juga: LALIGA luncurkan logo anyar wakili evolusi selama 10 tahun terakhir

LEGENDS adalah proyek yang melibatkan LEGENDS, LaLiga dan UEFA, dan mendapat dukungan institusional dari FIFA, IOC dan beberapa legenda sepak bola dunia. Koleksinya mencakup lebih dari 5.000 buah, beberapa di antaranya akan dipajang di Madrid.

Selama beberapa tahun ke depan, diharapkan potongan-potongan lainnya akan ditampilkan di ruang baru yang akan dibuka di kota-kota lain di seluruh Eropa dan di seluruh dunia.

Tiket dijual melalui situs web Legends https://legends.football dan di entradas.com.

Baca juga: Joselu resmi menjadi pemain Real Madrid

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023