"Keberadaannya memiliki peran strategis sebagai mitra pemerintah daerah. Tidak hanya dituntut untuk melaksanakan rencana programnya, akan tetapi juga diharapkan turut serta dan berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan pembangunan negeri dan umat di
Tarakan (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang mengatakan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) sebagai salah satu elemen pembangunan di Kaltara.

"Keberadaannya memiliki peran strategis sebagai mitra pemerintah daerah. Tidak hanya dituntut untuk melaksanakan rencana programnya, akan tetapi juga diharapkan turut serta dan berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan pembangunan negeri dan umat di daerah ini,” kata Zainal di Auditorium Universitas Kaltara (UniKaltar) Tanjung Selor, Bulungan, Rabu.

Zainal mengemukakan hal itu saat pelantikan pengurus HMI dan Korps HMI Wati (Kohati) Cabang Tanjung Selor Periode 2023-2024.

"Selain sebagai organisasi HMI tempat berhimpunnya para mahasiswa Islam di Provinsi Kaltara. HMI hendaknya ikut serta dan menjadi garda terdepan dalam menyongsong pembangunan," katanya.

Kepada segenap pengurus HMI dan Kohati Cabang Tanjung Selor, dia minta untuk tegak lurus mendukung visi, misi, program, kegiatan serta kebijakan pemerintah daerah.

"Melalui ide, gagasan serta pemikirannya, untuk bersama-sama mewujudkan Kaltara yang Berubah, Maju dan Sejahtera," katanya.

Menurut Zainal secara organisatoris, HMI senantiasa dapat mengembangkan diri melalui pemikiran dan konsepsi strategisnya melalui semangat intelektual, akademis dan aktivisnya yang berbasis agama dalam satu bingkai progresivitas intelektual mahasiswa Islam.

“HMI harus cepat berbaur dengan menyerap berbagai aspirasi masyarakat serta tanggap terhadap perkembangan kehidupan agama dan sosial masyarakat agar HMI dapat berjalan searah dalam satu tujuan,” kata Zainal.

Gubernur juga mengingatkan, HMI yang notabenenya diisi oleh intelektual muda islam, harus tampil sebagai perekat kebhinekaan, kemajemukan yang ada di negara kesatuan ini.

“Harus kita terima sebagai sebuah kenyataan, yang disertai dengan sikap yang positif, bukan justru membuat kita harus terpecah belah demi kepentingan individu dan kelompok,” katanya.

Dia mengucapkan selamat dan sukses atas Pelantikan Pengurus HMI dan KOHATI Cabang Tanjung Selor masa bakti 2023-2024. Semoga amanah dalam menjalankan roda organisasi kedepannya.

“Teruslah melakukan berbagai inovasi keilmuan dan organisasi guna meningkatkan serta memberdayakan sumber daya yang dimiliki, sehingga melahirkan generasi-generasi emas yang sesuai dengan tema pelantikan HMI hari ini yakni HMI CIvilitation Future Leader For Kaltara Emas 2045,” kata Zainal.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023