Terjadi outbreak (kejadian luar biasa) kasus polio, bukan hanya di Indonesia tetapi juga negara seperti Amerika dan Eropa. Untuk di Indonesia dimulai dari Sumatera
Klaten (ANTARA) -
Pemerintah mencanangkan imunisasi inactived poliovirus vaccine dosis kedua (IPV2) di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah menyusul merebaknya kasus polio varian dua di Pulau Sumatera.
 
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin di Klaten, Rabu mengatakan saat pandemi COVID-19 seluruh dunia sibuk melakukan imunisasi COVID-19 sehingga terjadi mutasi virus polio.
 
"Terjadi outbreak (kejadian luar biasa) kasus polio, bukan hanya di Indonesia tetapi juga negara seperti Amerika dan Eropa. Untuk di Indonesia dimulai dari Sumatera," katanya.
 
Sama halnya dengan COVID-19 yang terdiri dari beberapa varian, kata dia, untuk polio juga terjadi mutasi jenis.

Menurut dia, jika polio varian satu dan tiga cukup diantisipasi dengan imunisasi melalui mulut, untuk varian dua harus disuntikkan.
 
Oleh karena itu, ia meminta kepada para orang tua agar segera mengajak anaknya mengikuti vaksin IPV2.
 
"Kalau kita tidak ingin anak kita cacat berikan imunisasi polio ya. Untuk mencegah varian satu dan tiga, imunisasi melalui mulut, diberikan di usia 1, 2, 3, dan 4 bulan. Untuk varian dua dikasihnya saat usia 4 bulan dan 9 bulan, jadi ada enam kali," katanya.
 
Pada kesempatan yang sama, Ketua DPR RI Puan Maharani pencanangan imunisasi secara nasional dilakukan di Jawa Tengah, namun nantinya akan berjalan ke seluruh Indonesia.
 
"Setelah tahun 2022 muncul lagi outbreak polio, sejak saat ini pemerintah dan stakeholder berupaya mengatasi dan jangan sampai polio itu menjadi hal menyusahkan masyarakat Indonesia, khususnya anak-anak," katanya.
 
Oleh karena itu, menurut dia diperlukan gotong-royong bersama antara seluruh kepala daerah dan masyarakat untuk bisa membawa anak-anaknya datang ke puskesmas untuk ikut imunisasi polio.

Baca juga: Puluhan provinsi berisiko KLB sebab cakupan imunisasi rendah
Baca juga: Seluruh RS Bandung buka layanan vaksinasi polio kejar target cakupan
Baca juga: Dinkes DKI laporkan 46 kasus polio yang ditemukan terbukti negatif
 
 

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023