Cianjur (ANTARA) - Bupati Klaten, Jawa Tengah Sri Mulyani menyerahkan langsung bantuan untuk korban gempa Cianjur, Jawa Barat berupa uang tunai untuk pembangunan dua puskesmas dan sembako sebanyak 1.000 paket dan perlengkapan sekolah.

"Bantuan yang kami berikan hari ini langsung pada warga korban gempa di Cianjur, merupakan donasi dari berbagai kalangan di Klaten, mulai dari warga sampai anggota Korpri," kata bupati di Cianjur, Rabu.

Baca juga: Bupati Cianjur pastikan stok pangan penyintas selama puasa terpenuhi

Bupati Klaten menuturkan bantuan tersebut juga diberikan berupa uang tunai dengan total Rp1,55 miliar yang disalurkan untuk pembangunan kembali dan rehabilitasi dua Puskemas, Puskesmas Cugenang dan Puskesmas Warungkondang serta bantuan untuk pondok pesantren di Cijedil.

Sebelumnya, ungkap Bupati Klaten, pemerintah daerah bersama PMI Klaten telah menyalurkan berbagai bantuan, termasuk mengirim relawan untuk membantu korban gempa Cianjur, sejak hari kedua gempa 5,6 magnitudo yang mengguncang Cianjur pada 21 November 2022.

"Untuk hari ini, saya secara langsung bersama sejumlah pejabat Klaten didampingi pejabat Cianjur, memberikan langsung bantuan 1.000 paket sembako dan 300 paket perlengkapan sekolah di Lapangan Jagaraksa, Kecamatan Warungkondang," katanya.

Baca juga: Pemkab Cianjur verifikasi ulang 50 ribu rumah terdampak gempa

Baca juga: BNPB upayakan rumah insitu Cianjur selesai sebelum Ramadhan


Asisten I Kabupaten Cianjur Arief Purnawan mengatakan berbagai bantuan untuk meringankan beban korban gempa di Cianjur terus mengalir dari berbagai kalangan, termasuk dari Pemkab Klaten yang diserahkan langsung Bupati Klaten di Kecamatan Warungkondang.

"Kami sangat berterima kasih tidak hanya untuk warga, Pemkab Klaten juga memberikan bantuan uang untuk pembangunan kembali puskesmas yang ambruk dan rusak karena gempa. Semoga bantuan dari pemkab dan warga Klaten menjadi amal ibadah yang terus mengalir," katanya.

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023