Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto mengupayakan rumah insitu untuk korban gempa Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, selesai sebelum bulan Ramadhan 2023.

Saat meninjau proses rehabilitasi dan rekonstruksi di Desa Ciputri, Kecamatan Pacet, Suharyanto mengatakan hal itu dilakukan agar masyarakat penyintas gempa dapat fokus beribadah.

"Sebentar lagi bulan puasa, kita harapkan pembangunan dan perbaikan rumah selesai," ujar Suharyanto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Kepala BNPB tegaskan percepat rumah insitu untuk korban gempa Cianjur

Dirinya menambahkan, rumah yang dibangun telah memiliki standar khusus rumah tahan gempa. "Insya Allah rumah yang sudah hampir selesai ini akan tahan gempa," kata dia melanjutkan.

Sementara itu, Suharyanto mengimbau kepada seluruh perangkat daerah yang terlibat dalam penanganan gempa Cianjur, untuk mengamati seluruh pembangunan rumah warga terdampak.

Baca juga: Pemkab Cianjur verifikasi ulang 50 ribu rumah terdampak gempa

"Agar memperhatikan setiap bangunan apakah memenuhi standard atau tidak," tutur Suharyanto.Jika ditemukan ada ketidaksesuaian agar diperingatkan," katanya.

Dalam tinjauan kali ini, Suharyanto didampingi oleh Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cianjur, Danrem 061/Surya Kencana serta Dansatgas Penanganan Gempa Kabupaten Cianjur.

Baca juga: Cianjur negosiasi pengelola eks HGU tambah relokasi korban gempa
Baca juga: BNPB sudah bersihkan 2.500 rumah ambruk akibat gempa

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023