Kalau para calon pemimpin nanti bicara suara pemuda, maka mereka harus punya posisi mengenai perubahan iklim
Jakarta (ANTARA) - Pendiri dan Ketua Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) Dino Patti Djalal menyarankan setiap calon pemimpin Indonesia maupun daerah-daerah harus memiliki komitmen dan ambisi yang kuat untuk mengatasi perubahan iklim.
 
"Kami ingin politisi nasional mengacu pada iklim tanpa memilih a, b, dan c. Kami ingin pemimpin politik menjadikan iklim sebagai agenda mereka," ujar Dino Patti Djalal dalam konferensi pers Indonesia Net Zero Summit 2023 di Bakoel Koffie, Jakarta, Rabu.
 
Dino menuturkan pihaknya ingin menjadikan tahun 2024 sebagai pemilihan umum (pemilu) pertama dalam sejarah Indonesia yang dominan membahas isu perubahan iklim.
 
Menurutnya, hal ini peluang yang besar karena yang menentukan nasib pemilu adalah generasi muda. Porsi generasi muda yang terlibat dalam pesta demokrasi tahun depan mencapai angka 60 persen.
 
"Kalau para calon pemimpin nanti bicara suara pemuda, maka mereka harus punya posisi mengenai perubahan iklim. Mungkin ini yang akan menjadi pembeda dengan pemilu sebelumnya," ujar Mantan Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) tersebut.

Baca juga: Dino Patti Jalal: Agenda iklim tentukan kesuksesan Presidensi G20
 
Pada tahun 2022 lalu Indonesia menyampaikan enhance Nationally Determined Contribution (NDC) dengan target pengurangan emisi gas rumah kaca sebesar 31,89 persen dengan kemampuan sendiri dan 43,20 persen jika terdapat bantuan internasional.
 
NDC merupakan dokumen yang memuat rencana aksi iklim untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan adaptasi terhadap dampak perubahan iklim.
 
Director of Climate Unit FPCI Esther Tamara mengatakan bila mengacu sains ada jatah emisi karbon yang membatasi kenaikan suhu maksimum 1,5 derajat Celsius.
 
Jatah emisi karbon itu akan habis tahun 2030 atau bahkan sebelum tahun 2030.
 
Menurut dia, jika jatah itu terlampaui karena emisi yang terus keluar bisa berdampak buruk terhadap aspek lingkungan, kesehatan, sosial, hingga ekonomi, sehingga calon pemimpin harus punya visi dan misi yang jelas terhadap perubahan iklim.
 
"Jadi mereka memiliki peran yang penting bagaimana Indonesia akan menurunkan emisi nasional secara besar-besaran dan menyelamatkan kita dari krisis iklim," ujar Esther.

Baca juga: Yayasan Madani ajak pilih pemimpin peduli dampak perubahan iklim
Baca juga: Sejumlah anak muda ingin krisis iklim jadi topik kampanye Pemilu 2024

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023