Heru menamakan nasi goreng buatannya 'Nasi Goreng Balai Kota'
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar lomba memasak antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-496 Kota Jakarta.
 
"Selain untuk hiburan dalam rangka memeriahkan HUT Kota Jakarta, kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan kekompakan antar-OPD, apalagi ada suporter yang membuat lomba semakin meriah,” kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dalam acara lomba memasak antar OPD di lingkungan Pemprov DKI Jakarta di halaman Blok G Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu.
 
Lomba yang diinisiasi Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta ini diikuti 50 peserta kepala dan perwakilan OPD untuk memasak salah satu makanan khas Indonesia yang menjadi favorit banyak orang yaitu nasi goreng yang dikreasikan dengan beragam bahan.
Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono dalam acara lomba memasak antar OPD di lingkungan Pemprov DKI Jakarta di halaman Blok G Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu (21/6/2023). (ANTARA/Siti Nurhaliza)

Lomba ini juga sebagai bentuk inovasi para kepala perangkat daerah dalam menunjukkan bakatnya yang lain. Hadirnya 20 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan JakPreneur juga menambah kemeriahan suasana.
 
“Ini luar biasa seru, rekan-rekan kepala OPD yang meluangkan waktunya di tengah kesibukan sehari-hari untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Saya juga mengapresiasi pelaku UMKM yang ikut berpartisipasi menjajakan produknya. Saya mengajak semua untuk belanja produk UMKM, ini penting dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, khususnya masyarakat Jakarta,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono dalam sambutannya.
 
Pj Gubernur DKI Heru Sekda DKI turut menjadi peserta dalam lomba tersebut. Bahkan Heru menamakan nasi goreng buatannya 'Nasi Goreng Balai Kota'.
 
"Jadi saya diminta dadakan untuk masak. Saya masak apa adanya sesuai dengan yang disiapkan. Karena tidak dapat ulekan, jadi saya rajang saja cabe yang ada. Bapak-bapak di sini diminta masak supaya kalau ibunya sibuk, bapaknya bisa masak di rumah," ucap Heru selesai memasak.
 
Sementara itu, Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo mengatakan, lomba ini dibuat agar para pimpinan OPD menampilkan bakat lain dan kreativitasnya, serta mempererat tali silaturahmi antar-OPD.
 
"Selain memupuk jiwa sportivitas para peserta, yang tidak kalah penting dalam acara ini yakni melestarikan makanan khas Indonesia," kata Ratu dalam sambutannya.
 
Lomba masak nasi goreng tersebut dinilai oleh tim juri yaitu Chef Thomas Tirta, Founder Dapur Solo Nyonya Swan, Chef Uthe, Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda Provinsi DKI Jakarta Sri Haryati, dan Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi DKI Jakarta Widyastuti.
Baca juga: Ratusan kantong darah disiapkan untuk sambut HUT DKI
Baca juga: Pemkot Jaksel pamerkan produk binaan Jakpreneur sambut HUT DKI Jakarta
Baca juga: Pemkot Jakbar gelar donor darah selama dua hari sambut HUT Jakarta

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023