New York (ANTARA) - Federal Reserve AS masih memiliki jalan panjang dalam upaya mengembalikan inflasi ke targetnya sebesar 2,0 persen meskipun inflasi telah turun secara material dalam beberapa bulan terakhir.

Tekanan inflasi AS terus berjalan tinggi, dan proses untuk menurunkan inflasi menjadi 2,0 persen masih jauh, Ketua Fed Jerome Powell mengatakan pada Rabu (21/6/2023) dalam sambutannya pada dengar pendapat setengah tahunan yang diselenggarakan oleh Komite Jasa Keuangan dengan DPR AS.

Selama 12 bulan yang berakhir pada April, harga total pengeluaran konsumsi pribadi (PCE) naik 4,4 persen dan harga PCE inti, tidak termasuk kategori makanan dan energi yang mudah berubah, tumbuh 4,7 persen dari tahun lalu, menurut statistik yang dikeluarkan oleh Biro Analisis Ekonomi di bawah Departemen Perdagangan AS.

Akan lebih sulit bagi Fed untuk menjinakkan inflasi inti karena kebijakan moneter memiliki kendala sendiri.

Pejabat Fed baru-baru ini menaikkan proyeksi inflasi inti untuk 2023 menjadi 3,9 persen, naik dari 3,6 persen, dengan inflasi inti pada 2024 diperkirakan akan bertahan di 2,6 persen.

Mengurangi inflasi kemungkinan akan membutuhkan periode pertumbuhan di bawah tren dan beberapa pelunakan kondisi pasar tenaga kerja, catat Powell.

"Ini akan membutuhkan periode pertumbuhan di bawah tren yang berkepanjangan atau penurunan ringan untuk membawa inflasi PCE ke target 2,0 persen Fed di atas perkiraan, dan perkiraan kami mengasumsikan yang terakhir," kata ahli strategi Bank of America Global Research di tinjauan pertengahan tahunnya.

The Fed diperkirakan akan menaikkan suku bunga acuan sebesar 50 basis poin lagi dalam tahun 2023 meskipun memilih untuk berhenti pada Juni setelah sepuluh kenaikan suku bunga berturut-turut sejak Maret lalu.

Baca juga: Dolar AS melemah karena Fed hentikan kenaikan suku bunga

"Kami akan terus membuat keputusan rapat demi rapat, berdasarkan totalitas data yang masuk dan implikasinya terhadap prospek kegiatan ekonomi dan inflasi, serta keseimbangan risiko," kata Powell.

Tidak ada keputusan yang dibuat untuk pertemuan kebijakan moneter Fed pada Juli, kata Powell pada 14 Juni ketika Fed memutuskan untuk mempertahankan suku bunga dana federal tidak berubah setelah sepuluh kenaikan berturut-turut sejak Maret lalu.

Fed fund berjangka 30 hari sekarang memperkirakan hampir 80 persen kemungkinan kenaikan lain sebesar 25 basis poin pada Juli, menurut data dari alat CME FedWatch pada Rabu (21/6/2023).

The Fed akan menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin pada Juli diikuti dengan kenaikan lain sebesar 25 basis poin pada September, menurut Bank of America Global Research.

Baca juga: Dolar AS melemah karena Fed hentikan kenaikan suku bunga

Jeda kenaikan suku bunga mungkin tampak tidak hati-hati mengingat data inflasi saat ini, menurut laporan prospek tengah tahun yang diluncurkan oleh UBS pada Selasa (20/6/2023).

Jika inflasi tidak turun seperti yang diharapkan oleh The Fed pada akhir tahun 2023, "Anda akan melihat respons yang lebih kuat dari The Fed," kata Mark Haefele, kepala investasi di UBS Global Wealth Management pada pertemuan meja bundar media secara virtual pada Selasa (20/6/2023).

Meskipun Fed telah mengindikasikan niatnya untuk melanjutkan kenaikan suku bunga, pernyataan moneter terbaru menunjukkan perpecahan mendalam pada Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) yang perlu dijembatani untuk mencapai konsensus, menurut laporan UBS.

"Selain itu, kami pikir akan lebih sulit untuk memulai kembali kenaikan karena musim pemilihan presiden AS semakin dekat," kata ahli strategi UBS dalam laporan tersebut.

Investor sekarang mungkin perlu mempertimbangkan bahwa "The Fed mungkin bersedia membiarkan inflasi tetap moderat di atas target untuk jangka waktu yang lama," kata laporan UBS.

Namun, semakin lama inflasi bertahan pada level tinggi, kemungkinan besar ekspektasi inflasi konsumen naik, yang akan berimplikasi buruk pada perekonomian.

Pejabat Fed tidak akan mengubah ekspektasi inflasi mereka dalam waktu dekat dan pasar tidak mengharapkan itu terjadi, menurut Haefele.

Ekspektasi inflasi jangka panjang konsumen AS tetap tinggi pada 3,0 persen pada Juni, lebih tinggi dari kisaran 2,2 persen hingga 2,6 persen dalam dua tahun sebelum pandemi COVID-19, menurut survei terbaru oleh University of Michigan.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023